Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 2 Rantepao dengan Menerapkan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika Suku Toraja

Authors

  • Irene Hendrika Ramopoly Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v3i1.982

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika Suku Toraja, Motivasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika suku Toraja dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Rantepaoo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk memperoleh data deskriptif dan informasi tentang peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Rantepao melalui penerapan pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika suku Toraja, maka instrumen penelitian dilakukan dalam bentuk observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Rantepao yang berjumlah 27 orang, terdiri dari 14 orang orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Jumlah sebanyak ini merupakan populasi penelitian yang sekaligus merupakan sampel dalam penelitian ini. Kemampuan akademik siswa-siswi di kelas ini rata-rata cukup. Kondisi lain yang terkait bahwa latar belakang, baik sosial maupun ekonomi mereka cukup beragam, mereka terdiri dari beragam suku, agama, sehingga secara keseluruhan kelas V relatif cukup heterogen. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti melalui penerapan pembelajaran konstekstual berbasis etnomatematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Dimana hasil yang diperoleh pada persentasi ketercapaian proses berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa secara klasikal siklus I pertemuan 2 yaitu 61,75% dan siklus II pertemuan 2 yaitu 86,46% sedangkan, hasil yang diperoleh pada persentasi ketercapaian hasil berdasarkan ketuntasan motivasi belajar siswa secara klasikal siklus I pertemuan 1 yaitu 74% dan siklus II pertemuan 2 yaitu 88,88% telah melewati persentasi ketercapaian indikator hasil yang telah ditentukan sebesar 80%. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara guru dan siswa merasa senang, serta lebih termovivasi dalam belajar dengan penerapan pembelajaran ini. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbasis ernomatematika suku Toraja dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Rantepao.

Downloads

Published

2020-06-30