Penerapan Model Word Square Untuk Meningkatakan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa SD Negeri 253 InpresPeta Kecamatan Kurra Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v2i2.851Keywords:
Penguasaan kosakata, Word SquareAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kemampuan menguasai kosakata siswa kelas III SD Negeri 253 Inpres Peta Kecamatan Kurra Kabupaten Tana Toraja masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil observasi lapangan ditemukan permasalahan siswa kurang menguasai kosakata karena lingkungan yang tidak mendukung dan cara mengajar guru yang kurang menarik, sehingga perbendaharaan kosakata siswa tidak berkembang. Hal itu terlihat dari pengamatan siswa dalam berinteraksi dengan teman dan gurunya, serta hasil ulangan siswa pada kegiatan pratindakan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam menguasai kosakata bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Word Square di kelas III SD Negeri 253 Inpres Peta. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu manfaat teoritis dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain deskriptif. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 253 Inpres Peta dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 8 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah tes, format observasi, dokumentasi dan wawancara. Data diolah dengan analisis persentase dan disajikan dalam bentuk tabel. Hipotesis tindakan diuji dengan tes tanda centang/cheklist (?). Kesimpulan hasil penelitian yaitu penguasaan kosakata siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yakni siklus I sebesar 23% dan siklus II sebesar 80.