MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL CRITICAL INSIDENT DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 164 TINA’ KABUPATEN TANA TORAJA

Authors

  • Tadius Tadius Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Grace Feby Leping Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v2i2.846

Keywords:

Model Pembelajaran Critical Insident, Keterampilan berpikir kreatif

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pembelajaran IPA kelas IV SDN 164Tina’ masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu   upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa. Salah satunya adalah melalui penggunaan model Critical Insident . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model  Critical Insident dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SDN 164 Tina’?

Tujuan   penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui model Critical Insident dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Tina’ Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah Penelitin Tindakan Kelas, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini adalah data aktivitas guru dan siswa dalam pembeljaran IPA.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 164 Tina’ Kabupaten Tana Toraja dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 8 perempuan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus dimana siklus I 61,90% meningkat menjadi 76,19% pada siklus II.

Downloads

Published

2020-01-31