Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Implementasi PPK Berbasis Kelas Di SD Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman

Authors

  • Resti Puji Lestari Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sanata Dharma
  • Maria Melani Ika Susanti Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.47178/elementary.v3i2.1107

Keywords:

Akreditasi sekolah, implementasi PPK berbasis kelas

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya program penguatan pendidikan karakter yang dicanangkan pemerintah pusat sampai tingkat sekolah. Program penguatan pendidikan karakter adalah salah satu program gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter peserta didik dan diimplementasikan di seluruh sekolah. Salah satu basis implementasi program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah melalui basis kelas yang dikenal dengan PPK berbasis kelas. Akreditasi sekolah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh akreditasi sekolah terhadap implementasi PPK berbasis kelas di sekolah dasar se-Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi 204 guru kelas di sekolah dasar negeri se-Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman yang berjumlah 30 sekolah dasar. Sampel penelitian ini sebanyak 132 guru kelas yaitu guru kelas I–VI di sekolah dasar negeri se-Kecamatan, Ngaglik Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumenter. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh akreditasi sekolah terhadap implementasi PPK berbasis kelas di sekolah dasar se-Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Hal tersebut didukung dengan hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai rhitung sebesar = 0,482. Terdapat hasil nilai rhitung ? rtabel = 0,482 ? 0,291. Hal ini berarti akreditasi sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap implementasi PPK berbasis kelas. Koefisien determinan (KD) diperoleh hasil 23,23%, hal tersebut berarti ada pengaruh akreditasi sekolah terhadap implementasi PPK berbasis kelas. Selanjutnya, hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan uji t, diperoleh t = 2,93. Pada taraf signifikansi 5% atau = 0,05 dan DK = n-2 =28, diperoleh nilai ttabel yaitu 2,048, karena nilai thitung ? ttabel yaitu 2,93 ? 2,048 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara akreditasi sekolah terhadap implementasi PPK berbasis kelas di sekolah dasar se-Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Downloads

Published

2021-01-31