Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sesean Kabupaten Toraja Utara
DOI:
https://doi.org/10.47178/elementary.v3i1.1001Keywords:
Metode eksperimen, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Sesean. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SDN 1 Sesean, dalam proses belajar mengajar guru kurang menggunakan metode yang bervariasi dan inovatif. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sesean tahun pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas A (Kelas Eksperimen) yang berjumlah 20 siswa, dan kelas B (Kelas Kontrol) yang berjumlah 20 siswa.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi.Tes hasil belajar (Pretest dan Postest) dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solution)16.0 untuk statistik deskripstif dan inferensial.Hasil penelitian menunjukan bahwa metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA SDN 1 Sesean. Rata-rata nilai pretest pada kelas kontrol sebesar 49,75 dan rata-rata nilai posttest sebesar 69,50 sedangkan rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen sebesar 52,25 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 80,50. Hasil uji t menunjukkan nilai sig.(2-tailed)< 0,05 yaitu 0,000. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.