Pengaruh Strategi Penemuan Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN I Rantepao Kabupaten Toraja Utara

Penulis

  • Benyamin Salu Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/agro.v4i3.664

Kata Kunci:

strategi penemuan terbimbing, motivasi belajar

Abstrak

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh strategi pembelajaran penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA terhadap motivasi belajar siswa. Rancangan penelitian adalah desain eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Rantepao I Kabupaten Toraja Utara yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA 38 siswa dan IVB 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan ang­ket. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa lebih tinggi pada strategi pembelajaran penemuan terbimbing dibanding strategi konven­sional.

Diterbitkan

2019-07-24

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pengaruh Strategi Penemuan Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN I Rantepao Kabupaten Toraja Utara. (2019). AgroSainT, 4(3), 664. https://doi.org/10.47178/agro.v4i3.664