Penggunaan Tindak Tutur Imperatif dalam Percakapan Antara Guru Dengan Siswa TK Kristen Buntu Pasele
DOI:
https://doi.org/10.47178/agro.v4i3.656Kata Kunci:
Pragmatik, tindak tutur imperatif, percakapanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan tindak tutur imperatif dalam percakapan antara guru dengan siswa pada TK Kristen Buntu Pasele. Manfaat penelitian adalah (1) memberi pengetahuan kepada peneliti sendiri bagaimana penggunaan imperatif itu sesungguhnya, (2) memberikan pengetahuan kepada orang-orang yang berprofesi di bidang linguistik bahasa Indonesia tentang pragmatik khususnya mengenai penggunaan tindak tutur imperatif, (3) dapat dijadikan acuan dalam bidang penelitian bahasa Indonesia khususnya penelitian pragmatik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data digunakan teknik rekaman dan teknik catat. Teknik rekaman digunakan untuk merekam apa yang diucapkan guru dengan siswa TK Kristen Buntu Pasele lewat percakapan. Teknik catat diguanakan untuk mencatat sejumlah data tentang strategi tindak tutur imperatif dalam percakapan antara guru dengan siswa TK Kristen Buntu Pasele. Hasil penelitian yang digunakan dalam penggunaan tindak tutur imperatif dalam percakapan antara guru dengan siswa TK Kristen Buntu Pasele terdiri atas pernyataan, pertanyaan, permintaan.