HUBUNGAN TIPE BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI SI KEPERAWATAN SEMESTER VI STIKES TANA TORAJA TAHUN 2015
DOI:
https://doi.org/10.47178/agro.v6i3.324Kata Kunci:
Tipe Belajar, Indeks PrestasiAbstrak
Strategi belajar yang menarik minat mahasiswa secara tidak langsung akan berpengaruh pada proses belajar. Selama mahasiswa mempunyai inisiatif sendiri dalam belajar, maka ia akan menunjukkan minat yang tinggi untuk belajar sehingga akan menghasilkan ketekunan dan ketertarikan dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antar tipe belajar dengan prestasi belajar mahasiswa program studi SI keperawatan semester VI STIKES Tana Toraja Tahun 2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Pengolahan data menggunakan program Windows SPSS versi 21 dan data diuji dengan Chi-Square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara tipe belajar dengan indeks prestasi semester diperoleh nilai p=0,034 dan nilai ?=0,05 jadi p<?. Berarti ada hubungan antara tipe belajar dengan prestasi belajar mahasiswa.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara tipe belajar dengan prestasi belajar mahasiswa program studi SI keperawatan semester VI STIKES Tana Toraja Tahun 2015. Saran agar mahasiswa bisa mengenali tipe belajar yang sesuai dengan dirinya, sehingga jika metode/strategi pada saat proses belajar mengajar di kelas tidak sesuai dengan tipe belajarnya, mahasiswa mampu menentukan sendiri cara yang paling mudah baginya untuk menyerap pelajaran yang diberikan baik itu pada saat belajar di kelas maupun ketika belajar di rumah sehingga dapat mengoptimalkan prestasi belajar mahasiswa.