PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENGEMBANGAN MICRO MODULES DIGITAL BERBASIS NILAI TENGKO SITURU’

Penulis

  • Theresyam Kabanga' Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Tadius Tadius Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Sofyan Sofyan Universitas Negeri Makassar
  • Yeusi Rombe Datu Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Alfen Tanduk Allo Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/w7knk596

Kata Kunci:

Pendampingan, Guru Sekolah Dasar, Pengembangan, Micro Modules Digital, Nilai Tengko Situru’

Abstrak

Perkembangan teknologi digital yang pesat menuntut guru sekolah dasar untuk beradaptasi dalam menghadirkan pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan kontekstual. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kapasitas guru di UPT SDN 5 Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja, dalam mengembangkan micro modules digital berbasis nilai budaya lokal Tengko Situru’. Kegiatan dilaksanakan melalui lima tahap, yaitu sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan keberlanjutan program. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan melibatkan guru secara aktif pada setiap tahapan. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek pengetahuan guru tentang micro modules dari 10% menjadi 85% serta peningkatan kompetensi guru dalam merancang dan menggunakan micro modules dari 10% menjadi 85%. Integrasi nilai Tengko Situru’ membuat pembelajaran lebih bermakna, interaktif, dan sesuai dengan konteks budaya Toraja. Kesimpulannya, kegiatan ini tidak hanya mendukung transformasi digital pendidikan dasar sesuai semangat Kurikulum Merdeka, tetapi juga berkontribusi dalam pelestarian kearifan lokal

Referensi

Baan, A., Dewi, R., La’bira, R., & Kabanga, T. (2014). Revolusi mental melalui nilai kearifan lokal pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Tana Toraja. Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII.

Elim, O., Sudarsi, T., Kabanga, T., & Rawina, Y. (2025). Pemanfaatan budaya lokal Toraja sebagai media inovatif pembelajaran Bahasa Inggris. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1349–1352.

Haris, D., & Paulina, F. (2023). Development of digital-based learning modules using the microlearning method. Asian Journal of Applied Education, 2(1), 27–48.

Kabang, T., Dasman, W., & Sary, P. W. (2023). Problematika implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 3 Tikala. Prosiding UKI Toraja, 3(2), 149–156.

Kabang, T., Tadius, P., & Salo, E. S. (2023). Identification of the value of Tengko Situru’ in the Pa’tondokan community in Lembang Lolai. AIP Conference Proceedings, 150001.

Kemdikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar.

Simanjuntak, P. F., & Haris, D. (2023). Pengembangan microlearning untuk literasi matematika siswa SMP. Asian Journal of Applied Education, 2(1), 27–48.

Suparman, M. (2023). Metode Participatory Action Learning System dalam Pengabdian kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), 44–56.

Tadius, T., Arismunandar, A., & Gani, H. A. (2024). Toraja wisdom-based principal training model for elementary schools. IJHESS, 4(3), 1364–1371.

Diterbitkan

2025-12-10

Cara Mengutip

PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENGEMBANGAN MICRO MODULES DIGITAL BERBASIS NILAI TENGKO SITURU’. (2025). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(2), 176-183. https://doi.org/10.47178/w7knk596