Pelatihan Pengembangan Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran melalui Aplikasi Elearningsiswa SD Negeri Limbung Puteri Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa

Penulis

  • Abdul Wahid Universitas Islam Makassar
  • Abrina Maulidnawati Jumrah Universitas Islam Makassar
  • Nur Alamsyah Universitas Islam Makassar
  • Ahmad Aprisal Universitas Islam Makassar
  • Shalsa Nurfitriana Universitas Islam Makassar
  • Ulfa Amriani Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47178/5jey2r92

Kata Kunci:

Pengembangan Teknologi Baru, Pengajaran dan Pembelajaran, Aplikasi Elearning

Abstrak

Peningkatan kualitas pembelajaran di era digital menuntut adanya penguatan kapasitas guru dan siswa dalam pemanfaatan teknologi pendidikan. Pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan pengetahuan dan kemampuan manajerial guru serta siswa melalui pelatihan dan pemanfaatan teknologi e-learning di SD Negeri Limbung Puteri, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Kegiatan peningkatan pengetahuan dilakukan dengan memberikan pelatihan intensif kepada guru dan siswa mengenai pembuatan materi pembelajaran digital yang menarik dan interaktif. Selain itu, pelatihan mencakup penggunaan berbagai platform e-learning seperti Google Classroom, Moodle, dan Edmodo guna mendukung proses pembelajaran daring dan blended learning. Di sisi lain, peningkatan kemampuan manajemen difokuskan pada pelatihan penyusunan sistem evaluasi berbasis teknologi, penerapan sistem pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS), serta penyusunan pedoman penggunaan e-learning bagi guru dan tenaga pendidik. Program ini juga mengintegrasikan pelatihan pengembangan teknologi baru dalam proses pengajaran, sehingga guru dapat menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif melalui pelatihan, pendampingan, dan praktik langsung. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi digital guru dan siswa, baik dalam penyusunan materi, pengelolaan pembelajaran digital, maupun pelaksanaan evaluasi berbasis teknologi. Guru mampu mengembangkan model pembelajaran yang lebih variatif dan inovatif, sementara siswa menunjukkan peningkatan minat belajar dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran digital. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa transformasi pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar dapat berhasil apabila didukung oleh pelatihan yang sistematis, pendampingan yang berkelanjutan, serta keterlibatan aktif seluruh komponen pendidikan.

Referensi

Nainggolan MG, Ayunda R, Wahyuni AH, Antika W. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. J Yudistira Publ Ris Ilmu Pendidik dan Bhs. 2024;2(3):237–44.

Tiatri S, Tji J, Ie M, Dinatha Vod, Khotimah Ah. Pelatihan Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Stem ( Science , Technology , Engineering , And Mathematics ) Guna Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. J Bakti Masy Indones. 2024;7(3):697–703.

Yusuf R. Penguatan Kapasitas Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Praya Barat Daya Strengthening Teacher Capacity in Technology-Based Learning in Elementary Schools in Praya Barat Daya District , Central Lombok Regency meningkat. J Abdimas (Journal Community Serv. 2024;6(3):468–84.

Dewi AF. Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri Alu. Transform J Pendidik &Teknologi [Internet]. 2023;1(1):37–45. Available from: https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/transform/article/view/4149%0Ahttps://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/transform/article/download/4149/2241

Baso F, Ma’ruf AMA. Penerapan Jaringan 5G Dalam Pengembangan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Hingga Tingkat Menengah. Indones Technol Educ J [Internet]. 2023;1(2):78–82. Available from: https://journal.diginus.id/index.php/ITEJ/index

Sri Wahyuni NS. Kegiatan Pengabdian Mahasiswa: Menjalin Kolaborasi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Terkhusus Di Bidang Pendidikan. J Ilm Pgsd Fkip Univ Mandiri. 2016;10:1–23.

Puspa Widyastuti. Efektivitas Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Di Indonesia: Meta Analisis Studi. J Pendidik Tek Dan Voksional. 2022;5:44–50.

Hidayatullah Aa, Abdul M, Khoirudin R. Peran Orang Tua Milenial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Era Digital. J Pendidik Guru Madarasah Ibtidaiyah. 2024;75–81.

Fakhruddin AM, Putri LO, Sudirman P, Annisa RN, As R. Efektivitas LMS (Learning Management System) untuk mengelola pembelajaran jarak jauh pada satuan pendidikan. Pendidikan. 2022;6(2):1–8.

Gau, B. A. M. T., & Metiyanti, M. (2024). Pembinaan kesehatan reproduksi dan gizi bagi anggota keluarga remaja di kampung KB Balabatu, Kecamatan Buntao’Sulawesi Selatan, Indonesia. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-6.Meilinda V. Dampak Platform E-Learning terhadap Keterlibatan Siswa dan Prestasi Akademik The Impact of E-Learning Platforms on Student Engagement and Academic Achievement. J mentari. 2025;3(2):157–67.

Akhmalia NL, Suana W, Maharta N. Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Fluida Statis terhadap Penguasaan Konsep Siswa. JIPFRI (Jurnal Inov Pendidik Fis dan Ris Ilmiah). 2018;2(2):56–64.

Hidajat, Susilowati W. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran,. Pengaruh Pengguna Miniat Mob Terhadap Prestasi Belajar Mat. 2018;3(2):14–22.

Fitriani, R., & Suryani, N. (2023). Comparative Study of LMS Platforms for Primary School Teachers in Indonesia: Google Classroom, Moodle, and Edmodo. Journal of Digital Education and Learning, 11(1), 44–55.

Imran, M. C., Marzuki, M., Sasabobe, L., Jubhari, Y., & Sujarwo, S. (2025). DeepL Translate can be a scaffold to speaking fluency: Technology Acceptance Model (TAM). EDULEC?: Education, Language, and Culture Journal, 5(1), 56–66. https://doi.org/10.56314/edulec.v5i1.302.

Mahmud, M., & Alimuddin, M. (2022). Digital-Based Assessment System for Elementary School Teachers: A Model of Efficient Learning Evaluation. Journal of Learning Assessment and Innovation, 10(3), 88–99.

Putri, R. A., & Marzuki, S. (2022). Digital Learning Materials in Primary School: Teachers' Readiness and Challenges. International Journal of Educational Development, 92, 102628.

Sari, M. A., & Rahmawati, I. (2023). Optimizing Google Classroom as a Learning Management System in Indonesian Elementary Schools. Journal of Digital Pedagogy, 12(1), 25–36.

Susanti, D., & Hamidah, R. (2022). Developing Interactive Learning Videos for Elementary Students Using Simple Applications. Journal of Educational Multimedia and Technology, 9(2), 95–107.

Yusuf, M., & Nurhaliza, I. (2024). The Development of E-learning Guidelines for Elementary Schools: Empowering Teachers in the Digital Age. International Journal of Instructional Technology and Education Studies, 14(1), 41–53.

Diterbitkan

2025-12-08

Cara Mengutip

Pelatihan Pengembangan Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran melalui Aplikasi Elearningsiswa SD Negeri Limbung Puteri Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. (2025). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(2), 100-116. https://doi.org/10.47178/5jey2r92