PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA DAN PELAYANAN PELANGGAN PADA UMKM MIE AYAM DAN BAKSO

Penulis

  • Rismawati Rismawati Universitas Pelita Bangsa
  • Nuha Dzakiyyah Universitas Pelita Bangsa
  • Ridlofan Wisnuwardhana Universitas Pelita Bangsa
  • Kali Muda Universitas Pelita Bangsa
  • Nurlaila Apsari Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.47178/dtyzfk47

Kata Kunci:

UMKM, Mie Ayam, Bakso, Manajemen Usaha, Pelayanan Pelanggan

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya di sektor kuliner seperti mie ayam dan bakso memiliki peran penting dalam perekonomian nasional, termasuk di daerah Jaya Mukti, Cikarang Pusat. Namun, pelaku UMKM masih menghadapi tantangan signifikan dalam manajemen usaha dan kualitas pelayanan pelanggan, yang berdampak pada kesulitan pengembangan dan daya saing usaha. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui pendampingan manajemen usaha dan pelayanan pelanggan secara terpadu. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan, pendampingan, observasi, dan evaluasi yang fokus pada pencatatan keuangan, pengelolaan stok, pemisahan keuangan usaha dan pribadi, serta peningkatan sikap pelayanan. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pencatatan keuangan, pemisahan keuangan, pelayanan pelanggan yang ramah dan responsif, serta adaptasi teknologi digital untuk promosi dan pemesanan. Partisipasi aktif peserta mendukung efektivitas kegiatan ini. Kesimpulannya, pendampingan ini berhasil meningkatkan profesionalisme pengelolaan usaha dan pelayanan pelanggan pada UMKM mie ayam dan bakso di Jaya Mukti. Disarankan agar kegiatan tindak lanjut meliputi pelatihan lanjutan pemasaran digital, inovasi produk, serta penguatan jejaring UMKM untuk mendukung keberlanjutan dan daya saing usaha

Referensi

Aswin, U. R., & SE, M. (2025). POSITIONING (STP) DALAM PEMASARAN JASA. Manajemen Pemasaran Jasa, 42.

Hadita, A. ., Hamdah, D. F. L., Muharam, H. ., & Kurniawan, D. A. . (2024). Pendampingan dan Penyuluhan Harga Pokok Produksi dan Strategi Pemasaran UKM Agar- Agar Rumput Laut Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk Garut. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 110–122. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1491

Humayra, L. (2024). Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ditinjau Dari Perspektif Islam (Studi Pada Industri Penjahit Sprei dan Bedcover Desa Deah Baro, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-raniry).

Novika, E. (2018). ANALISIS PENERAPAN RANCANGAN STRATEGI BISNIS WARUNG MIE AYAM DAN BAKSO SEMANGAT DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY (Studi Kasus: UKM Mie Ayam dan Bakso “SEMANGAT” Kimpulan).

Nugrioho, A. priyo. (2022). Digitalisasi dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Halal Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1654–1660. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4470

Nulhaqim, S. A., Wibowo, H., Irfan, M., & Gutama, A. S. (2021). Peningkatan Kapasitas dalam Pemasaran Online Bagi Pelaku Usaha Kecil yang Terdampak Kondisi Pandemi Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 165-176.

Sanjaya, P. K. A., & Nuratama, I. P. (2021). Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Mengengah.

Saputra, G. N., Paramarta, V., & Purwanda, E. (2024). Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Rumah Sakit: Studi Literatur. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 3811–3826. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15426

Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(2), 147-162.

Yolanda, C. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170-186.

Yulian, J., Adi, S. A., & Rachmi, I. S. (2022). Pendekatan Partisipatif Dalam Program Bahari Sembilang Mandiri Sebagai Upaya Peningkatan Inisiatif Lokal. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(10), 496-504.

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA DAN PELAYANAN PELANGGAN PADA UMKM MIE AYAM DAN BAKSO. (2025). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1), 77-84. https://doi.org/10.47178/dtyzfk47