Peran Mahasiswa dalam Pendidikan Karakter Masyarakat Melalui Inovasi Pengembangan Wisata Berkelanjutan di Air Terjun Sarambu

Penulis

  • Linerda Tulaktondok Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Theresyam Kabangga' Universitas Kristen Indonesisa Toraja
  • Febrianty Ri’pian Parida Universitas Kristen Indonesisa Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/b9kngf22

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, wisata berkelanjutan, Pengabdian masyarakat, partisipasi mahasiswa, pemberdayaan lokal

Abstrak

Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan pendidikan karakter masyarakat melalui keterlibatan mahasiswa dalam pengembangan wisata berkelanjutan di Air Terjun Sarambu, Toraja Utara. Topik ini dipilih karena pentingnya menanamkan nilai gotong royong, tanggung jawab, dan pelestarian lingkungan kepada masyarakat secara nonformal. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui observasi, pelatihan, diskusi, dan pembangunan fasilitas wisata seperti tempat sampah, petunjuk arah, dan spot foto. Hasil menunjukkan peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan dan mengelola potensi lokal. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendidikan karakter dapat diintegrasikan secara efektif dalam program pengabdian berbasis wisata. Kesimpulannya, pendekatan edukatif dalam pengembangan wisata berperan penting dalam membentuk masyarakat yang sadar lingkungan dan berdaya.

Referensi

Amalia, F. R., & Putra, A. P. (2020). Analisis pemetaan dan strategi pengembangan wisata air terjun di Songgon Kabupaten Banyuwangi. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 442–449.

Aziz, K. F. (2023). Pengembangan potensi obyek wisata air terjun Nglirip Kabupaten Tuban. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 3(1), 92–103.

Brennan, M. A., & Israel, G. D. (2008). The power of community. Community Development, 39(1), 82–97. https://doi.org/10.1080/15575330809489634

Fitriati, N., Suryani, L., & Rahmawati, D. (2023). Pembelajaran berbasis karakter untuk membentuk sikap peduli lingkungan siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.56578

Hendriawan, N., & Mulyanie, E. (2018). Analisis potensi pariwisata air terjun di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 15(1), 17–27. https://doi.org/10.29303/jg.v15i1.178

Kurniawan, B., & Yuliana, S. (2021). Pendidikan karakter melalui pengelolaan wisata berbasis masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(2), 204–210.

McKibbin, B. (2007). Deep economy: The wealth of communities and the durable future. New York: Times Books/Henry Holt and Co.

Ramdhani, M. (2019). Pengembangan sebagai upaya pertumbuhan daerah. Jurnal Pengembangan Masyarakat Indonesia, 5(1), 15–24.

Sirait, H. S., & Damanik, J. (2020). Community-based tourism dan pemberdayaan masyarakat: Studi pada desa wisata di Sumatera Utara. Tourism Journal, 4(2), 101–113. https://doi.org/10.31258/tourism.v4i2.5459

Sugiarto, B., & Prananta, H. (2022). Implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan pengabdian masyarakat berbasis kearifan lokal. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 55–63.

Tanesab, M., Fanggidae, A. H., Fanggidae, R. E., & Bunga, M. (2023). Strategi pengembangan wisata air terjun Oehala: Studi pada Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Studi Perhotelan dan Pariwisata, 1(2), 63–77.

Wulandari, L., & Rante, S. (2022). Pemberdayaan masyarakat melalui wisata religi untuk peningkatan ekonomi lokal. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.25299/tongkonan.v2i1.12345

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Peran Mahasiswa dalam Pendidikan Karakter Masyarakat Melalui Inovasi Pengembangan Wisata Berkelanjutan di Air Terjun Sarambu. (2024). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 122-129. https://doi.org/10.47178/b9kngf22