PELATIHAN PEMANFAATAN POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.47178/pcdn1p62Kata Kunci:
Powtoon, Model Pembelajaran, TeknologiAbstrak
Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan keterampilan serta wawasan kepada mahasiswa dalam membuat media pembelajaran sederhana dan menarik sesuai dengan tema pelajaran di kampus dengan menggunakan aplikasi Powtoon, Sehingga dengan adanya media pembelajaran ini, mahasiswa bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yakni pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan secara daring dengan subjek sasaran yakni mahasiswa universitas Kristen Indonesia toraja prodi, Bahasa ingris, semester 4 tahun ajaran 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang . Tahapan kegiatan ini yaitu sosialisasi, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan yaitu mahasiswa sedikit kesulitan menggunakan aplikasi powtoon karena belum terbiasa. Meskipun begitu meraka bisa mengoperasikan powtoon dengan baik. mereka menyadari bahwa membuat media dengan powtoon begitu menarik dan mereka semua merasa senang dengan kesempatan yang diberikan untuk mengikuti pelatihan ini. Kesimpulannya yakni kegiatan Pelatihan pemanfaatan PowToon sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa prodi Bahasa ingris di tahun 2023” mahasiswa di kampus 2 uki toraja memiliki antusiasme yang tinggi terhadap program PKM yang kami lakukan. Kegiatan ini memunculkan pengetahuan yang baru bagi mahasiswa tentang bagaimana caranya memanfaatkan perkembangan teknologi. Dengan arti lain, kegiatan ini dapat membantu mahasiswa dalam memanfaatkan penggunaan aplikasi web powtoon untuk proses pembelajaran.
Referensi
Hartatik, S., Mariati, P., & Nafiah, N. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Powtoon bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.773
Hutabarat, N. M. (2022). Penggunaan aplikasi edit video dalam materi seni musik pada pembelajaran secara daring. Jurnal Pendidikan, 1(2), 81–90.
Kusrini, N., Trisna, I. N., & Ikhtiarti, E. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Bahasa Prancis Berbasis Powtoon Kepada Guru Bahasa Prancis Se-Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 108–121. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.2957
Langgawan, M. G., & Octantia, H. (2021). Analisis Dan Perancangan Aplikasi e-learning Berbasis Gamification. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 8(3), 571–578. https://doi.org/10.25126/jtiik.202184368
Luh, Sri, A., Saputra, P. S., Gitakarma, M. S., Informasi, T., Teknik, F., Sakti, U. P., Rekayasa, T., Elektronika, S., & Ganesha, U. P. (2022). Peran Artificial Intelligence (AI) untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Komputer Dan Teknologi Sains, 1(1), 15–21.
Nor Laila Fatmawati, institut agama islam negeri surakarta. (2021). Development of Powtoon Animated Videos as English Learning Media for Elementary School Students during the Pandemic. Jurnal Alternatif Pemikiran Kependidikan, 26(1), 65–77.
Nur’ainulMiftahul Huda, Yudhi, F. F. (2022). PelatihanPengoptimalanPembuatanMedia PembelajaranMenggunakanAplikasi Powtoon. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1–6.
Nuraini Sri Bina, Rahmi Ramadhani, dan H. I. H. (2022). Digitalisasi Pembelajaran Bermakna Melalui Perancangan Video Animasi Berbasis Powtoon Animation Bagi Guru Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2615–2628. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/8889%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/8889/pdf
Patintingan, M. L., & Lolotandung, R. (2021). Analysis of Vak Student Learning Style Pgsd Uki Toraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 10(1), 95–100. https://doi.org/10.26618/exposure.v10i1.4510
Putri, E. F. (2021). Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 198–205.
Putu, N., Dian, M., Wayan, N., Sulianingsih, W., & Eka, N. P. (2022). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan, Prospek I, 25–31.
Rachel Rachel, Sushy Teko Patanduk, dan A. C. R. (2021). Students’ Need Analysis on Methods Used By Lecturers in Teaching English For Management Studies. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 292–297. https://ethicallingua.org/25409190/article/view/282%0Ahttps://ethicallingua.org/25409190/article/download/282/135
Rheinata, S., Putri, R., Chusni, M. M., Jurnal, J., & Sains, P. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 2, 192–198.
Sampelolo, R., Lura, H., Mangolo, Y., & Sampeasang, A. K. (2022). Tana Toraja Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat tujuan yang mulia , salah satunya adalah membantu memecahkan masalah yang ada dalam. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 6(2), 219–230.
Sampelolo, R., Tandi Kombong, M., Indonesia Toraja, K., & Toraja Sulawesi Selatan, T. (2022). The Future of English Language Teaching and Learning Through “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” (Mbkm): a Systematic Review. Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(1), 41–46. www.google.co.id
Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas III Sdn Gudang Tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 1015–1024. https://scholar.google.com/citations?user=-ovuGpYAAAAJ&hl=id&oi=ao
Sayed Fachrurrazi, Muhammad, R. P. P. (2022). Pelatihan Video Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan PowToon Dan Screencastify. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–23.
Sholikhati, N. I., & Astuti, N. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dengan Media Powtoon. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 78–84.
Swardana, M., & Rohman, Y. L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media PowToon Terhadap Kemampuan Membaca Kanji Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 9(1).
Syailin Nichla Choirin Attalina, Abdullah Efendi, N. A. F. (2023). Pelatihan Digital Interaktif Berbasis PowToon Dalam Pembelajaran Tematik Di SDN 3 Menganti. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 6(April), 21–25.
Umi, K. (2022). Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Kepada Para Remaja. Jurnal Universitas Bina Darma. http://eprints.binadarma.ac.id/15964/%0Ahttp://eprints.binadarma.ac.id/15964/1/UAS METODOLOGI PENELITIAN Ummi Kalsum.pdf