PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.47178/05eggh77Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Kemampuan berhitung, Ular tanggaAbstrak
Sekolah dasar adalah tingkat pendidikan dasar yang dibutuhkan oleh siswa untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut. Sekolah dasar bertujuan agar setiap siswa mampu mengembangkan aspek kognitif, psikomotorik, dan motoriknya. Berhitung merupakan aspek kognitif yang harus dimiliki siswa. Selain menulis dan membaca, siswa juga memiliki tugas belajar berhitung. Kemampuan berhitung siswa dapat dikembangkan dengan guru melaksanakan proses pembelajaran melalui kegiatan bermain. Dengan bermain, minat belajar anak dapat ditingkatkan. Ular Tangga merupakan salah satu permainan yang dimodifikasi menjadi sebuah media pembelajaran yang edukatif. Tujuan pembuatan media pembelajaran ular tangga, yaitu agar kemampuan berhitung siswa kelas III SD Inpres Bontobila dapat dikembangkan. Dalam pengabdian ini, digunakan 2 metode, yaitu metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Berdasarkan penggunaan media pembelajaran ular tangga dalam pembelajaran, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan berhitung siswa dapat ditingkatkan melalui media ular tangga, 2) Media ular tangga memiliki kualitas yang layak digunakan dalam pembelajaran, 3) Media dapat menunjang peningkatan hasil belajar siswa 4) Media mampu meningkatkan semangat belajar siswa karena pembelajaran tidak membuat siswa jenuh
Referensi
Afandi, R. (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran (Jinop), 1(1) 77-89
Ariyanti, Zidni Immawan Muslimin. “Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung”. Jurnal Psikologi Tabularasa 10, No. 1 (2015) : 58-69.
Baiquni, Imam. “Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar metematika.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 1.2 (2016): 193-203.
Ferryka, Putri Zudhah. “Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.” Magistra 29.100 (2017).
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran.
Marâ, Herlinda, Wawan Priyanto, and Aries Tika Damayani. “Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan.” Mimbar PGSD Undiksha 7.3 (2019).
Mashuri, Sufri. Media pembelajaran matematika. Deepublish, 2019.
Nawafilah, Nur Qomariyah, Masruroh. “Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan”. Jurnal Pengabdian Masyarakat 03, No.1 (2020) : 37-42.
Putra, Nusa & Dwilestari, Ninin. 2012. Pengabdian Kualitatif PAUD. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rahina, N. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kulaitas Belajar Mengajar di Sekolah Dasar, FBS Unnes, Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 36, No 1.
Rohani, Rohani. “Media pembelajaran.” (2020).
Sugiyono. 2008. Memahami Pengabdian Kualitatif. Bandung: Alfabet
Sugiyono. 2012. Metode Pengabdian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thabroni, Gamal. 2021. “Teknik Analisis Data Pengabdian Kualitatif dan Kuantitatif”. https://serupa.id/teknik-analisis-data-pengabdian-kualitatif-dan-kuantitatif/ (Diakses 31 Mei 2023)
Wati, Anjelina. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 02, No. 1 (2021) : 69-70.