EDUKASI DAN IDENTIFIKASI BUTA WARNA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR BARANG CADDI II PULAU BONETAMBU
DOI:
https://doi.org/10.47178/hagy0p32Kata Kunci:
Edukasi, identifikasi, buta warnaAbstrak
Edukasi dan pemeriksaan buta warna merupakana kegiatan yang sebaiknya dilakukan sejak dini agar bisa mendapatkan penangan lebih lanjut. Hal ini dapat dilakukan melalui pemeriksaan ke dokter. Akan tetapi Pulau Bonetambu merupakan salah satu daerah terpencil di Kota Makassar yanag memerlukan akses laut untuk sampai ke Kota Makassar yang tidak mendapatkaan fasilitas yang layak seperti dokter mata. Hal ini menjadi dasar pelaksaan kegiatan di SDI Barrang Caddi II Pulau Bonetambu yang merupakan satu-satunya sekolah dasar di Pulau Bonetambu. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2-3 September 2023. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa tidak terdapat siswa yang mengalami gangguan buta warna. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan tau edukasi tentang alat indra penglihatan sekaligus dilakukan pemeriksaan buta warna menggunakan metode Ishihara. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan semua siswa yang mengikuti kegiatan mendapatkan edukasi mengenai kelainan pada mata dan tidak ada peserta yang mengalami buta warna
Referensi
Aghaji, A., Burchett, H. E. D., Oguego, N., Hameed, S., & Gilbert, C. (2021). Primary health care facility readiness to implement primary eye care in Nigeria: equipment, infrastructure, service delivery and health management information systems. BMC Health Services Research, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12913-021-07359-3
Azra, Z. Y., Prihatningtias, R., & ... (2017). Penglihatan Stereoskopis Pada Miopia Ringan. Diponegoro. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/ article/view/18656%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/download/18656/17736
Dhika, R. V., Ernawati, E., & Andreswari, D. (2014). Aplikasi Tes Buta Warna Dengan Metode Ishihara Pada Smartphone Android. Pseudocode, 1(1). https://doi.org/10.33369/ pseudocode.1.1.51-59
Elliyanti, A., Pertiwi, D., Murni, A. W., Rofinda, Z. D., Hendriati, H., Julizar, J., Syawqi, R., & Wardiyah, H. (2020). Pemeriksaan Buta Warna, Golongan Darah dan Kadar Hemoglobin pada Anak Usia Sekolah di Nagari Sumaniak. Buletin ilmiah nagari membangun, 3(2). https://doi.org/10.25077/bina.v3i2.199
Mathenge, W. C., Bello, N. R., Hess, O. M., Dangou, J. M., Nkurikiye, J., & Levin, A. V. (2023). Use of the World Health Organization primary eye care protocol to investigate the ocular health status of school children in Rwanda. Journal of AAPOS, 27(1). https://doi.org/10.1016/j.jaapos.2022.10.008
Nasruddin, N. I., Arimaswati, A., Dewi Nughrawati Putri, & Rustam HN, M. (2023). Deteksi Buta Warna Dengan Metode Ishihara Pada Mahasiswa Baru Jalur Penerimaan SNMPTN Universitas Halu Oleo. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11). https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i11.5377
Saini, S., Febriani Dungga, E., & Sulistiani, I. (2022). Evaluasi Pemeriksaan Tes Buta Warna Menggunakan Metode Ishihara Berbasis Google Form Menggunakan Buku Ishihara. Indonesian Journal of Pharmaceutical Education, 2(1). https://doi.org/10.37311/ijpe.v2i1.15855