MENGEMBANGKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM THREE IN ONE ROLLING SESSION (BIMBINGAN BASIC ENGLISH, CERITA LISAN, PENGENALAN KOMPUTER DAN MEDIA DIGITAL)

Penulis

  • Aris Kaban Sendana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja,
  • Daud Rodi Palimbong Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja,
  • Mersilina L. Patintingan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja,
  • Srimonica Srimonica Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja,
  • Herlita Palloan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja,
  • Tiku Rara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja,
  • Aldianto Kila Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja,

DOI:

https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2381

Kata Kunci:

Three in One Rolling Session, basic English, cerita lisan, pengenalan komputer, media digital

Abstrak

Pada umumnya sarana prasarana yang digunakan masih di bawah standar yang tentunya diharapkan bisa menyesuaikan sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu kurikulum yang diberlakukan masih cenderung sama dengan kurikulum KTSP. Dampak dari keadaan ini bisa berakibat pada capaian mutu pendidkan yang rendah bagi siswa di SDN 160 Tanete. Persoalan terkait kurangnya literasi siswa tentang bahasa khususnya bahasa Inggris, wawasan tentang budaya sebagai kearifan local, dan wawasan terkait media digital perlu diatasi dengan program bimbingan dengan pengembangan literasi siswa sekolah dasar melalui progran three in one rolling session  (bimbingan basic english, ceritra lisan,  dan pengenalan komputer dan media digital). Luaran PKM ini adalah publikasi jurnal nasional terindeks sinta 4. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 bulan masa pengabdian  yaitu bulan Januari sampai dengan April 2023

Referensi

S. H. Pratiwi, “Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku,” Fitrah, vol. 3, no. 1, pp. 27–48, 2021.

A. E. Hanum, “Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar melalui Program Membaca Menyenangkan,” J. Inspirasi Manaj. Pendidik., vol. 09, no. 05, pp. 1104–111, 2021.

E. Mutji and L. Suoth, “Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 8, no. 1, pp. 103–113, 2021, doi: 10.38048/jipcb.v8i1.133.

J. Warsihna, “Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik),” J. Kwangsan, vol. 4, no. 2, p. 67, 2016, doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.84.

R. Hermawan, N. Rumaf, and S. Solehun, “Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 56–63, 2020, doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411.

N. D. Eriyani, “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi,” 2020.

P. A. P. Sari, “Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 3, no. 1, pp. 141–152, 2020.

S. S. Mukrimaa et al., “No ????????????????????? ?????????????????Title,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. August, p. 128, 2016.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-22

Cara Mengutip

MENGEMBANGKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM THREE IN ONE ROLLING SESSION (BIMBINGAN BASIC ENGLISH, CERITA LISAN, PENGENALAN KOMPUTER DAN MEDIA DIGITAL). (2024). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 167-172. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2381