PELATIHAN AI WRITING TOOLS UNTUK MELATIH WRITING SKILLS BAGI SISWA SMP DI TORAJA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2380Kata Kunci:
PKM, AI writing tools, Quilbot, Grammarly, siswa SMP.Abstrak
Pelaksanaan pelatihan ini bermitra dengan siswa SMPN 2 SESEAN di kelurahan Pangli Selatan, kecamatan Sesean, kabupaten Toraja Utara. Tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk memperkenalkan AI writing tools kepada mitra sasaran sehingga keterampilan menulis mereka khususnya dalam bahasa inggris dapat berkembang. Tim melakukan pelatihan dengan berangkat dari permasalahan berupa siswa SMPN 2 SESEAN belum tertarik untuk mengenal teknologi- teknologi kecerdasan buatan (AI) yang berkaitan dengan writing tools karena siswa SMP belum dituntut untuk menguasai dan mengaplikasikan keterampilan menulis khusunya dalam keterampilan menulis dalam bahasa inggris. Metode dalam pelaksanaan kegiatan PKM adalah dengan persiapan dan survei lokasi, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi. Adapun hasil dari kegiatan pelatihan yang melibatkan sepuluh siswa diantaranya : (1) siswa dapat dapat menggunakan AI writing tools (Quilbot dan Grammarly), (2) siswa mampu memanfaatkan teknologi penulisan kecerdasan buatan dalam pembelajaran penulisan bahasa inggris, (3) siswa mampu mengembangkan kemampuan menulis mereka dengan menggunakan AI writing tools sehingga keterampilan menulis mereka dapat lebih optimal dan dapat diaplikasikan pada jenjang pendidikan selanjutnya.
Referensi
Ahmad, A., Mukhaiyar, & Atmazaki. (2022). Exploring Digital Tools for Teaching Essay Writing Course in Higher Education: Padlet, Kahoot, YouTube, Essaybot, Grammarly. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(13), 200–209. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i13.30599
Andi Mega Januarti Putri, Putu Wahyu Sudewi, & Nurul Imansari. (2022). Pengenalan dan Pelatihan Menulis Teks Bahasa Inggris: Get More Insight and Improve Your English Skill (Academic Writing Skill) di SMAN 1. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 14–18. https://doi.org/10.47435/pendimas.v1i2.1355
Ardiansyah, T., Purwaningsih, D., & Teruna, D. (2022). Pelatihan Menggunakan Aplikasi Scholarcy Mempermudah Pembuatan Jurnal. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(6), 664. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.10226
Buatan, K., & Dharma, B. (2022). Pelatihan Penulisan Teks Bahasa Inggris Dengan Bantuan. 2(2), 233–241.
Chrisnawati, C. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris melalui teknik EGRU pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dompu. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 9–14. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.132
Fitria, T. N. (2022). Avoiding Plagiarism of Students’ Scientific Writing by Using the QuillBot Paraphraser. Elsya?: Journal of English Language Studies, 4(3), 252–262. https://doi.org/10.31849/elsya.v4i3.9917
Golan, R., Reddy, R., Muthigi, A., & Ramasamy, R. (2023). Artificial intelligence in academic writing: a paradigm-shifting technological advance. Nature Reviews Urology, February. https://doi.org/10.1038/s41585-023-00746-x
Irawan, N., Rahayu, E. Y., Roziqin, C., & Fanani, R. A. (2023). Pendampingan Penerapan Teknologi Dalam Penulisan Karya Ilmiah Guru Smpn 1 Taman Sidoarjo, Jawa Timur: Grammarly, Quillbot, Mendeley. Pancasona, 2(1), 121–132. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i1.6883
Jayanegara, S., M, W. H., S, M. H., Husda, B. R., Rifqie, M., B, M. F., & Halim, M. B. (2023). PKM Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Kiat Sukses Untuk Menulis PKM-AI dan PKM-GT bagi Mahasiswa. 1(2), 114–120.
Kab, D. I., & Toraja, T. (2022). IMPLEMENTASI DIGITAL CONTENT ASSISTED LANGUAGE LEARNING DALAM PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS WEB BASED BAGI SISWA SMA. 4(3), 768–776.
Nurmayanti, N., & Suryadi, S. (2023). The Effectiveness Of Using Quillbot In Improving Writing For Students Of English Education Study Program. Jurnal Teknologi Pendidikan?: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 32. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6392
Rachma Yasin et, A. (2022). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Penerapan Teknologi Seni Pada Sanggar Seni Tradisional Di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, 1(1), 131–144.
Rachmawati, I. (n.d.). PELATIHAN PENINGKATAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN WRITING UNTUK SISWA SMP MELALUI MEDIA POP-UP BROCHURE.
Rasmila, R., Huda, N., Jemakmun, J., Mukti, A. R., Amalia, R., Hadinata, N., Kurniawan, K., Putra, A., & Nainggolan, C. E. (2022). Pelatihan presentasi menggunakan Microsoft Power Point pada SMP Patra Mandiri 2 Palembang. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 129–136. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5853
Ruslanudin, L. (2023). RECOUNT BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH. 1(1).
Sumarno, W. K., Furqon, H., Shodikin, A., Solikha, N. I., Pratama, N. K., & Adha, D. R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi M-Write Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Literasi Digital Siswa. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 163–174.
Wulandari, T., Emilda, E., & Lazuarni, S. (2021). Pelatihan Mendeley dan Grammarly Dalam Penulisan Riset Bagi Mahasiswa Di Kota Palembang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 39–44. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i1.919
Zhao, X. (2022). Leveraging Artificial Intelligence (AI) Technology for English Writing: Introducing Wordtune as a Digital Writing Assistant for EFL Writers. RELC Journal. https://doi.org/10.1177/00336882221094089