PEMANFAATAN SAMPAH MENJADI POHON LITERASI DAN TANGGA NUMERASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI ERA MERDEKA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2353Kata Kunci:
Sampah, Pohon Literasi, Tangga Numerasi, Media Pembelajaran Inovatif, Merdeka BelajarAbstrak
Sampah telah menjadi permasalahan utama dalam kehidupan yang sampai saat ini masih belum terselesaikan di Indonesia terkhusus di kota Makassar. Olehnya itu perlu adanya upaya edukasi kepada masyarakat dalam menangani masalah tersebut. Dalam kegiatan mengedukasi seperti pembuangan sampah tentunya tidak hanya di lingkup masyarakat, melainkan di lingkup sekolah pun perlu dilakukan khususnya kepada para siswa mengenai pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan sampah terkhusus pada jenis sampah anorganik menjadi barang yang bernilai guna. Kegiatan dilaksanakan di SDN Labuang Baji II Kota makassar. Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi wadah dalam penanganan permasalahan sampah yaitu dengan memanfaatkan sampah anorganik yang ada di sekolah menjadi barang bermanfaat seperti pembuatan media pembelajaraan inovatif berupa pohon literasi dan tangga numerasi guna mendukung perkembangan dunia literasi dan numerasi di era merdeka belajar seperti sekarang ini. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah di sekolah dengan pengelolaan sampah daur ulang. Selain itu jika dilihat dari sudut pandang pendidikan kegiatan ini dapat bermanfaat terkhusus pada siswa agar sejak dini mampu memahami cara pengelolan sampah serta menjaga lingkungan.
Referensi
Amalia, F., & Kusuma Putri, M. (n.d.). ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH ANORGANIK DI SUKAWINATAN KOTA PALEMBANG. In Jurnal Swarnabhumi (Vol. 6, Issue 2).
Anggreani, Dewi., Eko Prayojadmiko. (2022). Penerapan Media Inovatif dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sekolah Dasar pada Era Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 2, 2022. Hal 81-92.
Ayu Yukari Rantisari, P., Arie Putri Triyandani, K., Wayan Dharma Putra, I., Gusti Agus Deni Diputra, I., Gusti Agung Ayu Mas Triwulandari, N., & Pendidikan Nasional, U. (2022). EDUKASI DAN SOSIALISASI PENGOLAHAN SAMPAH ANORGANIK MELALUI BANK SAMPAH. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidkan (Vol. 5).
Ayub, S., Verawati, N. N. S. P., & Zuhdi, M. (2020). Bimbingan Penggunaan Kit Fluida Alternatif yang Berasal dari Sampah Anorganik Bagi Siswa SD Negeri 6 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmsi.v2i1.28
Bachri, R. A. K., St. Muriati, & Nasiruddin, F. A. Z. . (2021). THE IMPLEMENTATION OF SCIENCE LITERACY THROUGH ECOBRICKS AT CLASS V SD NEGERI 1 TANRUTEDONG, SIDENRENG RAPPANG REGENCY. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 3(2), 35–50. https://doi.org/10.52208/klasikal.v3i2.96
Clasissa Aulia, Dinda. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah dengan Pesan Jepapah. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas) Vol. 1, No. 1, April 2021, Hal. 62-70. https://doi.org/10.31849/pengmaskesmas.v1i1/5516
Emia, R., Fitrianan, R., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Regina Emia Recta Fitrianan PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAI KLASIFIKASI DAN PENGOLAHAN SAMPAH MENURUT JENISNYA BERABASIS 2D. JMP Online, 4(8), 485–498.
Iin Wariin Basyari, Iis Yeni Sugiarti, & Nurul Ikhsan Karimah. (2022). Daur Ulang Limbah Kertas Menjadi Media Pembelajaran Literasi Peta pada KKG SD Kota Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.149
Maesaroh, S. S., Gusdevi, H., Ariansyah, M. R., Studi, P., Informatika, T., Tinggi, S., & Bandung, T. (2021). AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN PRAKARYA INTERAKTIF UNTUK MATERI KETERAMPILAN DARI LIMBAH SAMPAH ANORGANIK (STUDI KASUS DI SMP MARHAS MARGAHAYU). 03.
Palangi, P. I., dkk. (2023). Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Bosowa School Makassar. Jurnal Sainsmat, Maret 2023, Halaman 83 - 90 Vol. XII, No. 1. https://doi.org/10.35580/sainsmat121438382023
Ramdani, C., & Zaman, B. (2022). PENERAPAN BANK SAMPAH DI LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENUMBUHKAN ECOLITARACY ANAK USIA DINI. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.766
Rampeng, dkk. (2023). Sharing for Caring dalam Menumbuhkan Kemandirian AnakGenerasi Zdi Panti AsuhanMenuju Indonesia Emas 2045. EMPOWEREMENT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 2, 127-132.
Rifa’i Abdul Karim1, F. A. N. H. R. S. (2020). MAPS (METODE PEMBELAJARAN PENGELOLAAN SAMPAH) BAGI SISWA SD UNTUK INDONESIA ZERO WASTE. Jurnal Ilmiah enalaran dan Penelitian Mahasiswa, 4, 127–141.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Syahid, M. (2019). Pengelolaan Sampah Terpadu Pulau Kodingareng Lompo Melalui Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat. Warta Pengabdian, 12(3), 343. https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i3.8769