Implementasi Science Lab Hybrid Berbasis Action Camera Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Praktikum di SMPN 4 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar

Penulis

  • Ahmad Swandi Universitas Bosowa
  • Andi Citra Pratiwi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
  • Burhan Burhan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa
  • Sri Rahmadhanningsih Lembaga Pendidikan Permata Bunda

DOI:

https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2311

Kata Kunci:

KIT Praktikum, Science Lab Hybrid, Manajemen Laboratorium, Action Camera

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran berbasis praktikum wajib dilakukan khususnya pada mata pelajaran IPA. Berbagai manfaat dari pembelajaran ini antara lain meningkatkan motivasi belajar siswa untuk memahami konsep IPA, meningkatkan literasi sains dan juga hasil belajar IPA yang lebih mendalam dan bermakna serta mendorong penguasaan keterampilan proses sains sehingga membuat pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Namun, khusus di daerah terpencil ataupun terjauh dan terluar, implementasi pembelajaran berbasis praktikum masih sangat kurang dilakukan disebabkan karena keterbatasan sarana dan juga sumber daya guru dalam melaksananakan pembelajaran tersebut. Salah satunya adalah SMPN 4 Benteng di Kabupaten Kepulauan Selayar yang tidak pernah melakukan pembelajaran IPA berbasis praktikum. Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk: (i) mengenalkan dan melakukan instalasi inovasi pembelajaran praktikum IPA berupa Science Lab  Hybrid yang memungkinkan terjadinya praktikum IPA secara langsung dan jarak jauh; (ii) Meningkatkan literasi sains dan keterampilan proses sains guru dan siswa sehingga terwujudnya pembelajaran IPA yang menarik dan memberikan dampak pada hasil belajar IPA; dan (iii) Menghasilkan 1 sekolah percontohan yang mengimplementasikan pembelajaran dengan Science Lab Hybrid Berbasis Action Camera. Terdapat 4 luaran yang tercapai dalam kegiatan ini yaitu (i) peningkatan pemberdayaan mitra yaitu terjadinya peningkatan keterampilan proses sains/ literasi sains guru dan siswa pada kategori sedang (0,5); (ii) 1 publikasi di jurnal nasional ber-ISSN; (iii) 1 publikasi di media online lokal; (iv) 1 video kegiatan yang diuploud kedalam akun resmi DICD/LPPM Universitas Bosowa.

Referensi

Pracastino Y, Saraswati H, Wardhani T, Laksda J, No A, Telp Y. Di Rembang , Selayar Dan Merauke Implementation Readiness Assesment of Uprating System Technology in Rembang , Selayar and Merauke. 2017;73–84.

Hasimuddin, Asri DRR. Pengaruh Dana Desa Dan Pelaksanaan Pembangunan Desa Terhadap Pengentesan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat di Desa Tanamalala Kecamatan Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan Selayar. Magister Manaj Nobel Indones. 2023;4:1–23.

Fitsmasari. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Pengangguran Terhadap Kemisikinan Di Kepulauan Selayar. ICOR J Reg Econ [Internet]. 2022;

Wahid M, Ariandi A, Puspita Sari A, Amaliah N, Irfan M, Nurdin GM, et al. Perspektif Guru dan Siswa di Kabupaten Kepulauan Selayar Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. BIOMA J Biol dan Pembelajarannya. 2021;3(2):66–74.

Swandi A, Nurul SH, Irsan. Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto (Halaman 20 s.d. 24). 2015;18(52):20–4.

Ruslan Iswandi MQ, Jurusan. Uji Coba Alat Eksperimen Hukum Hooke Padapenentuan Konstanta Pegas Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. J Pendidik Fis. 2014;2(september):34–8.

Anisa N, Anisa A, Irmawanty I. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Fungi. Binomial. 2021;4(1):26–37.

Husnaeni H, Ernawati E, Bakri M. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Konsep Sifat-Sifat Cahaya melalui Metode Eksperimen pada Murid Kelas IV SDI Garaupa Kecamatan Pasilambena Kabupaten Selayar. JKPD (Jurnal Kaji Pendidik Dasar). 2018;3(2):572.

Palloan P, Rahmadhanningsih S, Viridi S, Jainuddin, Swandi A. Student Self-Regulated in Remote Learning With the Implementation of Local Virtual Lab Based on Online Tutorial (LVL-BOT). Indones Rev Phys. 2021;4(1):20–6.

Swandi A, Amin BD, Viridi S, Eljabbar FD. Harnessing technology-enabled active learning simulations (TEALSim) on modern physics concept. J Phys Conf Ser. 2020;1521(2).

Palloan P, Swandi A. Development of learning instrument of active learning strategy integrated with computer simulation in physics teaching and learning on makassar state university. J Phys Conf Ser. 2019;1157(3).

Swandi A, Rahmadhanningsih S, Yusuf I, Widyaningsih SW. Universitas Papua Exploring the Compton Scattering Phenomenon with Virtual Learning Under Project Based Learning Model ( PjBL ) Mengeksplorasi Fenomena Hamburan Compton dengan Media Virtual melalui Project Based Learning ( PjBL ). 2021;4(1):1–12..

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-22

Cara Mengutip

Implementasi Science Lab Hybrid Berbasis Action Camera Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Praktikum di SMPN 4 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. (2024). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 134-142. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2311