PEMANFAATAN LITERASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MELAKSANAKAN PERAN PENDIDIK ANAK DI USIA DINI

Penulis

  • Yassir Mallapiang Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sujariati Sujariati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Qalbi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Erni Universitas Islam Makassar
  • Samudi STAI La Tansa Mashiro Rangkasbitung Lebak Banten

DOI:

https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2304

Kata Kunci:

Literasi, pendidikan, pendidkan karakter, pendidikan anak usia dini,

Abstrak

Tujuan pelaksanaan pengabdian ini adalah mengajarkan/mendidik warga agar memperbanyak literasi, peka terhadap masalah anak remaja dizaman sekarang sehingga harus meningkatkan kemampuan dalam menerapkan pola asuh yang baik bagi anak usia dini. Tujan lainnya adalah Meningkatkan keterampilan orang tua dalam memahami fenomena/ masalah yang terjadi pada anak-anak remaja yang disebabkan karena pemahaman dan pengetahuan orangtua yang kurang dalam mendidik karakter anak sejak dini dirumah. Pengabdian ini dilaksanakan 1 hari oleh beberapa Aliansi dosen Adpertisi sekota Makassar. Hasil dari pelaksanaan PKM ini mendapat respon positif dari peserta yang ditunjukannya melalui sikap yang berterima dengan penyajian materi dan umpan balik dari peserta seperti pertanyaan dan sharing pengalaman mereka.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2004. Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Makalah Seminar Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini Yogyakarta.

Berk, L.E. (2003). Child Development, 6th ed. Boston, MA: Allyn & Bacon

Gunarsa, Singgih D, dan Gunarsa, Yulia Singgih D. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Gunarwan. 2005. “Tanamkan Nilai Moral Dalam Keluarga”. Kedaulatan Rakyat 11 Juli 2005.

Izzaty, Rita Eka.(2008). Peran Aktivitas Pengasuhan Pada Pengasuhan Perilaku AnakSejak Usia Dini (Kajian Psikologis Berdasarkan Teori Sistem Ekologi). Tinjauan Berbagai Aspek Character Building. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.

Kompasiana. Tersedia : (http://www.kompasiana.com/rio4788/tentang-klitih diyogya_54f424f3745513a02b6c878a). (online) Pada 05 April 2017 jam 14.00.

Sriyanto,. Aim, abdulkarim,. Asmawi zainul dan enok maryani. (2014). Perilaku asertif dan kecenderungan kenakalan remaja berdasarkan pola asuh dan peran media massa. Jurnal Psikologi Volume 41, Nomor 1.

Syamsu Yusuf L.N dan Nani M. Sugandhi. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Depok : Raja Grapindo Tjandrasa, Meitasari.

Hurlock, Elizabeth B.1978. Perkembangan Anak. (alih bahasa oleh Meitasari). Jakarta: Erlangga

Wening, Sri. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter TH 2 No 1. hal 55-6.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-22

Cara Mengutip

PEMANFAATAN LITERASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MELAKSANAKAN PERAN PENDIDIK ANAK DI USIA DINI. (2024). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 97-105. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i2.2304