Pelatihan Desain Grafis Sebagai Usaha Peningkatan Kompetensi Dan Jiwa Wirausaha Bagi Pemuda Gereja Toraja

Penulis

  • Aryo Michael Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Juprianus Rusman Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Irene Devi Damayanti Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/ggkexs73

Kata Kunci:

Pelatihan, Kompetensi, Desain Grafis, Pemuda Gereja, Kreativitas

Abstrak

Pemuda Gereja sebagai generasi penerus gereja perlu membekali diri dengan berbagai kompetensi sehingga dapat membantu gereja dalam mengemban misi pelayanan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Salah satu bidang keterampilan yang banyak diminati oleh generasi muda saat ini adalah desain grafis, yang dapat memberikan kesempatan bagi para kreatif muda untuk mengembangkan keterampilan mereka dan membangun karir di industri kreatif. Diharapkan bahwa peserta pelatihan desain grafis akan memiliki keterampilan yang memadai untuk mendukung mereka dalam memulai usaha dan bekerja di berbagai sektor industri, pemerintahan, dan organisasi. Hasil PkM menunjukan peningkatan kemampuan para peserta setelah mengikuti pelatihan dimana peserta telah dapat membuat produk-produk desain grafis. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah program pelatihan sangat bermanfaat bagi peserta dan semoga kegiatan ini dapat terlaksana di masa yang akan datang

Referensi

Agustina, R., & Suprianto, D. (2018). Pelatihan Desain Grafis Dan Fotonovela Untuk Warga Graphic and Photonovela Design Training for Citizens. Kumawula, Vol. 1, No.3, Desember 2018, Hal 219– 226, 1(3), 219–226.

Alhasbi, F., & Kertamukti, R. (2018). Creative Branding Strategy Developing Brand Identity Strategy of Tribun Jogja. Proceedings of the International Conference on Media and Communication Studies (ICOMACS 2018), 281–285. https://doi.org/10.2991/icomacs-18.2018.68

Eko Valentino, D. (2018). Perancangan Logo Brand Identity Sandpiper Sebagai Upaya Peningkatan Brand. Tematik, 5(2), 40–53. https://doi.org/10.38204/tematik.v5i2.158

Elfizon, E., Muskhir, M., Syamsuarnis, S., Aswardi, A., & Hendri, H. (2019). Efektivitas Pelatihan Sistem Pendingin Sebagai Upaya Peningkatan Life Skill Bagi Pemuda PSAABR Budi Utama Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 45. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106579

Paramita, C., Amalia, A., & Trapsilo, G. (2022). Pelatihan Video Editing Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Digital Di Era Industri 4.0 bagi Santri Panti Asuhan Kafalatul Yatama. Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 229. https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.602

Wibawa, F. A., & Pritandhari, M. (2021). Peran Generasi Muda pada Bidang Ekonomi Kreatif di Tengah Pandemi kepada Karang Taruna Kelurahan Rejomulyo. SNPPM-3 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3, 306–312.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-03

Cara Mengutip

Pelatihan Desain Grafis Sebagai Usaha Peningkatan Kompetensi Dan Jiwa Wirausaha Bagi Pemuda Gereja Toraja. (2023). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), 106-112. https://doi.org/10.47178/ggkexs73