Optimalisasi Penerapan Teknologi Pendidikan Melalui Program Sekolah Mandiri Energi Berbasis Tenaga Surya di Pulau Sabangko

Penulis

  • Ahmad Swandi Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa
  • Sudirman Sudirman Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i2.1784

Kata Kunci:

Literasi Digital, Tekanologi Pembelajaran, Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Abstrak

Keterbatasan keterampilan guru dan siswa tentang kemampuan literasi digital dalam pembelajaran serta sulitnya mendapatkan aliran listrik sebagai sumber energi menjalankan berbagai teknologi pembelajaran menjadi permasalahan serius di UPT SPF SDN 41 Sabangko, Pulau Sabangko, Pangkajaene Kepulauan. Oleh karena itu, melalui program pengabdian masyarakat, tim dosen dari Universitas Bosowa melakukan instalasi PLTS dan berbagai pelatihan kepada para guru dan masyarakat di Pulau Sabangko. Adapun metode dalam program ini pelatihan dengan model pembelajaran langsung yang dibagi dalam 3 pelatihan yaitu (1) Pelatihan Instalasi PLTS Kapasitas 400 Wp/2 kW, (2) Pelatihan Pemasangan dan Penggunaan Teknologi Pembelajaran dan (3) Pelatihan dan Penerapan game edukasi serta animasi pembelajaran. Pelatihan diikuti oleh 7 guru dan 20 siswa dari SDN 41 Sabangko, dan beberapa kelompok masyarakat di Pulau Sabangko. Dari program pengabdian masyarakat ini ini, berdasarkan hasil observasi sebagian besar peserta (guru dan masyarakat) telah mampu melakukan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan melakukan pemasangan LCD serta mengoperasikan laptop yang berisi game edukasi dan animasi pembelajaran

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Optimalisasi Penerapan Teknologi Pendidikan Melalui Program Sekolah Mandiri Energi Berbasis Tenaga Surya di Pulau Sabangko. (2022). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), 99-105. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i2.1784