PKM IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL “ENGLISH KIDS” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI UPT SDN 15 MENGKENDEK

Penulis

  • Widya Rizky Pratiwi Universitas Terbuka
  • Rigel Sampelolo Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i2.1757

Kata Kunci:

Literasi Digital, Aplikasi English Kids, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstrak

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bermitra dengan siswa UPT SDN 15 Mengkendek di Kecamatan Mengkendek, Uluway Barat, Tana Toraja sebagai Mitra sasaran masyarakat yang tidak produktif secara ekonomi. Tujuan Pelaksanaan  program PKM ini yaitu untuk menyelesaikan rangkaian permasalahan pedagogis dan teknologi pada Mitra Sasaran terkait penggunaan dan pemanfaatan teknologi sebagai media literasi digital dalam meningkatkan minat belajar siswa. Adapun permasalahan yang dimaksud yaitu kurangnya referensi dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta rendahnya minat belajar siswa. Metode pelaksanaan yaitu dengan sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan siswa kelas IV, V, dan VI ini di antaranya: (1) siswa dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang pembelajaran, (2) Pelatihan aplikasi ini dapat membantu siswa untuk bisa belajar mandiri. (3) Siswa dapat meningkatkan literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris. (4) Siswa dapat meningkatkan motivasi dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital sebagai bentuk inovasi pembelajaran. (5) Siswa dapat meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital sebagai bentuk inovasi pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

PKM IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL “ENGLISH KIDS” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI UPT SDN 15 MENGKENDEK. (2022). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), 64-71. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i2.1757