Adaptasi Iptek dan Kepakaran melalui Pelatihan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Interaktif

Penulis

  • Susalti Nur Arsyad Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa
  • Ahmad Swandi Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa, Jl. Urip Sumoharjo, Sinrijala, Makassar 92161 Indonesia
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa
  • Sri Rahmadhanningsih Lembaga Pendidikan Permata Bunda, Jl. Perdamaian, Kubu Raya, Indonesia
  • Abdurrachman Rachim Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa
  • Burhan Burhan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i1.1650

Kata Kunci:

Aplikasi Pembelajaran Interaktif, Android, Windows

Abstrak

Berbagai upaya dalam mendukung suksesnya pembelajaran, salah satunya melalui peningkatan kreatifitas pendidik dalam mengembangkan dan menggunakan aplikasi media pembelajaran interaktif. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para mahasiswa dalam membuat aplikasi pembelajaran berbasis windows dan andoroid. Pelatihan dilakukan secara hybrid jumlah peserta sebanyak 60 peserta. Pelatihan dilakukan selama dua hari dengan membagi kedalam 3 jenis kegiatan yaitu pengenalan tentang aplikasi pembelajaran, praktik langsung pembuatan aplikasi pembelajaran dan sebagai kegiatan penutup diberikan angket sebagai evaluasi keberhasilan kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh informasi bahwa 6,67% peserta telah mampu mengembangkan aplikasi pembelajaran hingga tahap publikasi, 50,00% peserta telah mampu mengembangkan konten (isi) aplikasi pembelajaran dan 20% peserta yang mampu menyelesaikan pada tahapan perancangan kerangka media pembelajaran, sedangkan 23,33% masih pada tahapan instalasi program. Selain itu, diakhir kegiatan peserta juga mengisi angket kepuasan terhadap kegiatan pelatihan yang berlangsung. Berdasarkan analisis respon kepuasan peserta yaitu 87,6% yang masuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan peserta sangat puas dengan pelatihan yang telah mereka terima.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-10

Cara Mengutip

Adaptasi Iptek dan Kepakaran melalui Pelatihan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Interaktif. (2022). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1), 19-27. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i1.1650