Peningkatan Keterampilan Penggunaan Learning Management System Menggunakan Moodle Gnomio untuk Tenaga Pengajar di Lembaga Pendidikan Permata Bunda

Penulis

  • Ahmad Swandi Universitas Bosowa
  • Sri Rahmadhanningsih Lembaga Pendidikan Permata Bunda, Jl. Perdamaian, Kubu Raya, Indonesia
  • Susalti Nur Arsyad Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa
  • Asdar Asdar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i1.1520

Kata Kunci:

Learning Management System, Moodle Gnomio

Abstrak

Kompetensi digital para pengajar sangat dibutuhkan agar mampu kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran daring melalui penggunaan berbagai produk TIK. Salah satu permasalahan yang dialami oleh para guru dan anggota komunitas dari yayasan Lembaga Pendidikan Permata Bunda (LPPB) adalah rendahnya pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan e-learning atau Learning Management System (LMS).  Oleh karena itu, dilakukan pelatihan dan pendampingan yang bertujuan untuk mendorong guru dan anggota komunitas agar mampu membuat media pembelajaran berbasis e-learning. Kegiatan pelatihan pengembangan e-learning dilaksanakan selama satu hari kemudian diikuti oleh kegiatan pendampingan. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama tim dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa dengan Lembaga Pendidikan Permata Bunda melalui program Matching Fund Kedaireka 2021. Pelatihan dilakukan secara hybrid dimana anggota komunitas dari LPPB hadir langsung dalam kegiatan, sedangkan peserta dari instansi lain mengikuti secara online menggunakan aplikasi zoom. Pelatihan dilakukan selama satu hari dengan membagi kedalam 3 jenis kegiatan yaitu pengenalan tentang Learning Management System (LMS), praktik langsung pembuatan LMS Moodle dan evaluasi kegiatan. Sebagai bahan evaluasi, diakhir kegiatan peserta mengisi angket kepuasan terhadap kegiatan pelatihan yang berlangsung. Berdasarkan hasil analisis, tingkat penguasaan peserta terhadap materi pelatihan mayoritas berada pada kategori baik. Sedangkan kemampuan peserta mengikuti instruksi dari narasumber juga secara mayoritas pada kategori baik.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-28

Cara Mengutip

Peningkatan Keterampilan Penggunaan Learning Management System Menggunakan Moodle Gnomio untuk Tenaga Pengajar di Lembaga Pendidikan Permata Bunda. (2022). TONGKONAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i1.1520