PROGRAM SENAM IRAMA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SDN LABUANG BAJI II

Authors

  • Barbara Deliana Nona STKIP YPUP Makassar
  • St Muriati Universitas Bosowa
  • Dian Yulianti SDN Labuang Baji II
  • Mahatir SDN Labuang Baji II
  • Sari Bulang SDN Labuang Baji II
  • Rospiati SDN Labuang Baji II

DOI:

https://doi.org/10.47178/qwp5y334

Keywords:

Rhythmic Gymnastics, Learning Video, Learning Media

Abstract

Senam irama adalah gerakan senam yang mengkombinasikan berbagai bentuk gerakan dengan irama yang mengiringinya. Tujuan dari kegiatan ini adalah siswa SDN Labuang Baji II Kota Makassar menjadi lebih termotivasi dan tertarik dalam melakukan senam irama menggunakan media video pembelajaran. Selain itu, melalui kegiatan ini para siswa juga lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh dengan rajin melakukan olahraga yang rutin. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Labuang Baji II Kota Makassar pada tanggal 13 Februari hingga 16 Juni 2023. Adapun tahapan kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap, yang pertama mengidentifikasi bakat dan minat siswa terkait senam irama, dan yang kedua adalah tahap pelaksanaan kegiatan. Dari hasil kegiatan ini, siswa mampu mengenal hingga menguasai gerak. Melalui senam irama, kemampuan motorik siswa SDN Labuang Baji II meningkat, mereka juga memiliki minat yang sangat baik dalam mengembangkan bakat dalam olahraga.

References

Ali, Mohammad, dkk. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Arwien, R. T., Wirawan, Z., Hamid, R. J., & Syam, U. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA GEN Z DI ERA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 195-201.

Bakri, M., Abeng, A. T., Irawana, A., Ariyani, I., & Ahmad, A. (2023). PROGRAM CALISTUNG MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERVARIASI PADA SISWA DI SDN LABUANG BAJI II. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 3(2), 176-182.

Imaniah, A. N. A., & Hamid, S. (2021). EFEKTIVITAS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SISWA KELAS IV SD INPRES LANRAKI I KOTA MAKASSAR. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 3(2), 11-20.

Ivon, F. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN SMARTPHONE PASCA PANDEMI TERHADAP PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN SOSIAL SISWA KELAS VA UPT SPF SD INPRES GALANGAN KAPAL II DI KOTA MAKASSAR. EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 7(2), 236-247.

Jamaluddin, J., Kirana, A. N. F., Yusuf, F., Sahib, N., Asriviana, R., Faidah, N., & Hasniah, S. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Kreatif untuk Membantu Siswa Mengeja dan Membaca pada Kelas 1 SDN Pattingalloang 1 di Kota Makassar. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 1-8.

Ma'rufi, A., Suryana, Y., & Muslihin, H. Y. (2018). Hubungan sikap berani dengan kepercayaan diri pada kegiatan senam irama. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 287-296.

Muriati, S., Hamsiah, A., Madjid, S., Nilakanti, D. P., & Fadli, M. (2023). PEMANFAATAN SAMPAH MENJADI POHON LITERASI DAN TANGGA NUMERASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI ERA MERDEKA BELAJAR. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 143-153.

Rampeng, R., Molier, D. D., Bakri, M., Syam, U., Muliati, M., Asyrafunnisa, A., & Natalia, N. (2023). Sharing for Caring dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Generasi Z di Panti Asuhan Menuju Indonesia Emas 2045. EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 127-132.

Sasi, D. N. (2011). Meningkatkan kemampuan gerak dasar dan kognitif anak melalui senam irama. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus, 1, 46-52.

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis penerapan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844-1852.

Published

2024-06-15

How to Cite

PROGRAM SENAM IRAMA MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SDN LABUANG BAJI II. (2024). Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 50-55. https://doi.org/10.47178/qwp5y334