PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI GAME EDUKASI PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK KRISTEN TIKALA
DOI:
https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i1.2058Keywords:
Edukasi, Game, Media, Pelatihan, Pembelajaran, PuzzleAbstract
TK Kristen Tikala merupakan salah satu tempat belajar yang dalam proses pembelajarannya masih menggunakan alat peraga dan buku cetak. Masalah yang dihadapi oleh para guru adalah siswa cepat sekali bosan sehingga merasa hanya sebentar bisa fokus dalam belajar. Dan masalah yang dihadapi siswa adalah bahwa mereka merasa cepat bosan dan tidak tertarik mengikuti pelajaran tetapi mereka lebih suka bermain. Tujuan pelaksanaan Pk ini adalah untuk memberikan alternative media pembelajaran anak usia dini dengan memanfaatkan aplikasi game edukasi puzzle. Metode pelaksanaan PkM adalah menggunakan metode observasi, metode praktek dan evaluasi. Tahapan pelaksanaan kegiatan PkM adalah identifikasi masalah, persiapan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Hasil evaluasi yang dilaksanakan diakhir kegiatan pelatihan disimpulkan bahwa penggunaan game puzzle dalam proses pembelajaran dapat menghilangkan rasa bosan siswa dalam belajar dan sekaligus mampu menambah minat siswa dalam belajar ini terlihat dari antusias siswa dalam menyelesaikan setiap level dalam game tanpa menyadari bahwa waktu belajar sudah selesai.
References
Darman, D., & Lapu, L. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android Untuk Meningkatkan Kemahiran Bahasa Inggris Siswa Di Smp Negeri 11 Mimika. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 86–91. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v1i2.1760
Faathirza, I., Malik, M. I., Khatami, M., Dermawan, R., & Ahmadin, D. (n.d.). TUGAS BESAR SISTEM MULTIMEDIA.
Febrianto, W. (n.d.). Perancangan Dan Pembuatan Game Puzzle 2d Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia.
Huzena, B. R., Fatmawati, F., & Handayani, P. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Tebak Gambar Dan Fuzzle Untuk Anak Usia Dini. Journal of Informatic and Information Security, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.31599/jiforty.v1i1.139
Iskandar Alam, T. H., Soekarta, R., & Mulyaddin, M. (2020). Rancang Bangun Game Edukasi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini ( 2 – 6 Tahun ) Berbasis Android. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 5(2), 35. https://doi.org/10.33506/insect.v5i2.1447
Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283
Palelleng, S., & Tandiampang, E. (2023). Game Edukasi Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Android.
Prasetyo, R. M. M., Syaputra, H., Cholil, W., & Sauda, S. (2021). Rancang Dan Bangun Game Edukasi Anak-Anak Berbasis Android Dengan Unity Menggunakan Metode Game Development Life Cycle. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.47747/jurnalnik.v2i2.526
Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 4(1), 12. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.781
Setiawan, H., Witono, A. H., Saputra, H. H., Rosyidah, A. N. K., & Khair, B. N. (2023). Workshop on Making Puzzle Game-Based Learning Media at SD Negeri 1 Kekeri, West Lombok Regency. 2.