Langkah Awal Mempromosikan Lembah Impian Sebagai Desa Wisata Dengan Konsep Fun Camp Di Desa Bontomanai Kabupaten Jeneponto
DOI:
https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i1.2057Keywords:
Promosi, Desa Wisata, Fun Camp.Abstract
Pariwisata merupakan sektor penting yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat lokal. Artikel ini membahas langkah-langkah awal dalam mempromosikan Lembah Impian sebagai desa wisata dengan konsep Fun Camp di Desa Bontomanai, Kabupaten Jeneponto. Diskusi ini mencakup pendahuluan mengenai potensi Lembah Impian, solusi dan target yang ditetapkan, metode pelaksanaan, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan dan rekomendasi. Langkah-langkah kunci yang diusulkan meliputi pembentukan tim promosi, pengembangan strategi promosi melalui media digital dan influencer, serta melibatkan masyarakat lokal dalam proses tersebut. Strategi ini ditujukan untuk menarik wisatawan dan meningkatkan visibilitas dan reputasi Lembah Impian, sembari memastikan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi komunitas lokal. Analisis ini menyimpulkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, Lembah Impian memiliki potensi besar untuk berkembang menjadi destinasi wisata Fun Camp yang populer dan berkelanjutan.
References
Alamsyah, M. (2023). Efektifitas penggunaan media sosial sebagai wadah promosi Desa Wisata Sukarara Kabupaten Lombok Tengah (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Bazargani, R. H. Z., & Kiliç, H. (2021). Tourism Competitiveness and Tourism Sector Perfomance: Empirical Insights from New Data. Journal of Hospitalityand Tourism Management, 46, 73–82. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2020.11.011
Rusdiana, A., & Yuniarti, R. (2016). "Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Kasus di Desa Wisata Kampung Naga, Tasikmalaya)." Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(2), 307-322.
Putri, N. E., Silfeni, S., & Ferdian, F. (2018). Strategi Promosi Melalui Media Periklanan Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 9(2), 113-121.
Utomo, M. R., & Purnomo, M. (2023). Eksplorasi Potensi Desa Wisata Barito Melalui Media Promosi Meggunakan Analisis SWOT di Kabupaten Indonesia. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 7(2), 436-448.