Pendampingan Manajemen Usaha Dan Pelayanan Pelanggan Pada Umkm Mie Ayam Dan Bakso
DOI:
https://doi.org/10.47178/dtyzfk47Keywords:
UMKM, Mie Ayam Bakso, Manajemen Usaha, Pelayanan PelangganAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan manajerial dan pelayanan pelanggan bagi pelaku UMKM, khususnya pedagang mie ayam dan bakso. Melalui pendekatan Participatory Action Research dengan focus pada kegiatan pelatihan dan pendampingan. Permasalahan umum yang sering dihadapi UMKM di bidang ini antara lain kurangnya pencatatan keuangan yang sistematis, strategi pemasaran yang optimal, serta standar pelayanan yang belum konsisten. Kegiatan ini dilakukan melaui beberapa tahapan yaitu identifikasi awal, penyuluhan, pelatihan interaktif, serta evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaku usaha UMKM pada pedagang mie ayam dan bakso lebih disiplin dalam melakukan pencatatan, lebih memperhatikan dan mempertahankan kualitas layanan, serta lebih percayadiri dalam mengelola usahanya, promosi dan pemesanan menggunakan media digital. Kedepan kegiatan ini diupayakan jangan terhenti samapai ini, namun dibutkan pendampingan lanjutan untuk meningkatkan profesionalisme pelaku usaha beserta karyawannya.
References
Aswin, U. R., & SE, M. (2025). POSITIONING (STP) DALAM PEMASARAN JASA. Manajemen Pemasaran Jasa, 42.
Hadita, A. ., Hamdah, D. F. L., Muharam, H. ., & Kurniawan, D. A. . (2024). Pendampingan dan Penyuluhan Harga Pokok Produksi dan Strategi Pemasaran UKM Agar- Agar Rumput Laut Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk Garut. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(5), 110–122. https://doi.org/10.31004/jh.v4i5.1491
Humayra, L. (2024). Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ditinjau Dari Perspektif Islam (Studi Pada Industri Penjahit Sprei dan Bedcover Desa Deah Baro, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-raniry).
Novika, E. (2018). ANALISIS PENERAPAN RANCANGAN STRATEGI BISNIS WARUNG MIE AYAM DAN BAKSO SEMANGAT DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY (Studi Kasus: UKM Mie Ayam dan Bakso “SEMANGAT” Kimpulan).
Nugrioho, A. priyo. (2022). Digitalisasi dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Halal Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1654–1660. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4470
Nulhaqim, S. A., Wibowo, H., Irfan, M., & Gutama, A. S. (2021). Peningkatan Kapasitas dalam Pemasaran Online Bagi Pelaku Usaha Kecil yang Terdampak Kondisi Pandemi Covid-19. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 165-176.
Sanjaya, P. K. A., & Nuratama, I. P. (2021). Tata Kelola Manajemen & Keuangan Usaha Mikro Kecil Mengengah.
Saputra, G. N., Paramarta, V., & Purwanda, E. (2024). Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Rumah Sakit: Studi Literatur. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 3811–3826. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15426
Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(2), 147-162.
Yolanda, C. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170-186.
Yulian, J., Adi, S. A., & Rachmi, I. S. (2022). Pendekatan Partisipatif Dalam Program Bahari Sembilang Mandiri Sebagai Upaya Peningkatan Inisiatif Lokal. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(10), 496-504.








