Pengembangan Media Presentasi Interaktif Untuk Pembelajaran Fisika Pada Peserta Didik SMA Negeri 21 Makassar

Authors

  • Agriani Pongkessu' AMI AIPI Makassar

Keywords:

media presentasi, interaktif, pembelajaran fisika

Abstract

Telah dilakukan penelitian & pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengetahui profil media presentasi interaktif untuk perserta didik kelas XI SMA Negeri 21 Makassar yang valid, (2) mengetahui penilaian praktisi/guru terhadap media presentasi yang dikembangkan, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap media presentasi yang dikembangkan. Media yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli/pakar yang terdiri atas ahli media dan materi. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari praktisi yang merupakan guru fisika SMA/MA sebanyak 2 orang dan objek yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 21 Makassar jumlah 32 orang. Prosedur pengembangannya menggunakan model four-D (4-D) yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Tahap pendefinisian mencakup (1) analisis awal-akhir, (2) analisis perserta didik, (3) analisis konsep, (4) spesifikasi tujuan. Tahap perancangan mencakup (1) pemilihan media, (2) rancangan awal. Pada tahap pengembangan, dilakukan validasi oleh para ahli dan direvisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media presentasi interaktif dan perangkat pembelajaran untuk pembelajaran fisika yang dikembangkan dinyatakan valid sehingga layak digunakan untuk ujicoba, (2) penilaian praktisi/guru terhadap media presentasi interaktif menunjukkan bahwa kedua praktisi setuju bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dan memenuhi indikator yang terkait dengan penilaian media, (3) respon peserta didik terhadap media presentasi interaktif diperoleh tanggapan sangat baik.

Downloads

Published

2019-04-08

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengembangan Media Presentasi Interaktif Untuk Pembelajaran Fisika Pada Peserta Didik SMA Negeri 21 Makassar”, J. Neut., vol. 2, no. 1, pp. 1–13, Apr. 2019, Accessed: Nov. 15, 2024. [Online]. Available: https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/neo/article/view/584