Penerapan Pembelajaran Kreatif dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rantetayo
Kata Kunci:
Pembelajaran Kreatif, Kemampuan guru, Aktivitas siswa, Hasil belajarAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan : (a) kemampuan guru, (b) aktivitas siswa dalam dan (c) hasil belajar siswa melalui pembelajaran kreatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMAN 1 Rantetayo, dan sampel penelitian adalah siswa kelas X2 berjumlah 26 orang yang ditentukan dengan cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah lembar obsevasi kemampuan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis menggunakan Teknik statistic deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : (a) Guru mampu mengelola pembelajaran kreatif sehingga tergolong baik dengan skor rata-rata 4,57, (b) Aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran kreatif menunjukkan pembelajaran berpusat pada siswa dengan skor rata-rata persentase aktivitas siwa selama 3 kali pertemuan sebesar 90,03%. (c) Penerapan pembelajaran kreatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa yakni pre test 49,42 menjadi 68,84 pada post test.
Referensi
Adinawan,M.C. 1999. Matematika untuk kelas VIII, Jakarta : PT Erlangga.
Hasyim,M.2009. Tujuan Pembelajaran matematika. Diambil pada tanggal 25 april 2015 dari : http:muttaqinhasyim.wordpreess.com.
Langi, E. L. (2015). Efektivitas Penerapan Model Kooperattif Tipe Talking Stick dengan Strategi Mind Mapping dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rantepao (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Martiningsi.E.2005. Pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Diambil pada tanggal : 14 april 2015 dari : http://www.infodiknas.com
Mulyasa.E, 2005. Menjadi guru professional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung : PT Remajar Rosdakarya.
Nursyam, A., Widyatiningtyas, R., Palayukan, H., & Fawait, A. B. (2024). The Influence of Social Media in Increasing Student Motivation in Mathematics Lessons for Elementary Schools. Journal of Social Science Utilizing Technology, 2(1), 166–179. https://doi.org/10.70177/jssut.v2i1.855
Palayukan, H. (2020). Efektivitas Pendekatan Think Pair Share (Tps) Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat SiswaKelas VII SMP Negeri 2 Kapalapitu. Zigma Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 36-50.
Palayukan, H., Langi, E. L., Palengka, I., & Lasarus, M. (2024). Transformasi Pembelajaran Matematika: Pengaruh Pemanfaatan Teknologi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 975-983.
Palengka, I., Palayukan, H., Langi, E. L., Sampelolo, R., Tandikombong, M., (2023). Kreativitas Dan Keterampilan Pembelajaran Abad-21. UKI Toraja Press, 1-150.
Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 97-110.
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290-297.
Pratama, M. P., & Adam, M. W. S. (2024). E-books as self-learning resources for educational technology students. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 9-15.
Sanjaya W. 2006. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan. Jakarta : Kencana perdana media group.
Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). Impelentasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Tinggi. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 111-117.
Salaga S. 2006. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung Alfabet.
Sugiyono.2006. Metode penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabet.
Simangunsong, W. 2007. Matematika SMP jilid 2 untuk kelas VII, Jakarta : PT Erlangga.
Wahyuni, L., Salingkat, S., Tamagola, R. H. A., Palayukan, H., Haidar, I., & Sitopu, J. W. (2024). Analisis Keberhasilan Implementasi Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Perguruan Tinggi. Journal on Education, 6(4), 18954-18964.
Wena. M. 2012. Strategi pembelajaran inovmiatif kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.