Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mata Pelajaran Matematika Di SMK Kristen Tagari Rantepao

Penulis

  • Marnolinus Ledon UPT SMP Kristen Makale

Kata Kunci:

Pelaksanaan, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka belajar untuk mata pelajaran matematika di SMK Kristen Tagari Rantepao. Sumber data dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika. Dalam penelitian ini, digunakan instrumen berupa angket untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka untuk mata pelajaran matematika. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Analisis data dimulai dengan memberikan angket kepada guru yang akan diteliti, setelah memberikan angket analisis data dilakukan dengan: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dengan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar untuk mata pelajaran Matematika di SMK Kristen Tagari Rantepao sudah terlaksana. Hal ini dapat dilihat pada Kurikulum Merdeka Belajar yang dicapai guru seperti (1) indikator Konsep dan Tujuan tentang kurikulum merdeka belajar terdapat 100% guru menyatakan ya. (2) indikator Implementasi terdapat 100% guru menyatakan ya. (3) indikator manfaat terdapat 100% guru menyatakan ya. (4) indikator Fleksibilitas terdapat 100% guru mengatakan ya. (5) indikator perencanaan kurikulum terdapat 100% guru menyatakan ya. (6) indikator saran dan masukan terdapat 100% guru menyatakan ya.

Referensi

Amdani, D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Yuhana, Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Literatur. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4126-4131.

Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912-5918.

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99-107.

Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis problematika pelaksanaan merdeka belajar matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35-45.

Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran matematika di SMK Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic, 4(1), 14-23.

Palayukan, H., lalan Langi, E., Palengka, I., & Lasarus, M. (2024). Transformasi Pembelajaran Matematika: Pengaruh Pemanfaatan Teknologi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1).

Palayukan, H. (2023). Pengelolaan Kinerja Dalam Kurikulum Merdeka. Mengenal Kurikulum Merdeka, 168.

Palayukan, H. (2024). Strategi Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Pembelajaran aktif : teori dan aplikasi, 171-184

Panginan, V. R., & Susianti, S. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 9-16.

Pratama, M. P., & Adam, M. W. S. (2024). E-books as self-learning resources for educational technology students. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 9-15.

Pratama, M. P., & Adam, M. W. S. (2024). E-books as self-learning resources for educational technology students. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 9-15.

Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 97-110.

Rosmiati, R., Novaliyosi, N., & Santosa, C. A. H. F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Serang. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 132-140.

Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). Impelentasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Tinggi. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 111-117.

Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya. Journal on Mathematics Education, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.22342/jme.1.1.791.11-16

Wahyuni, L., Salingkat, S., Tamagola, R. H. A., Palayukan, H., Haidar, I., & Sitopu, J. W. (2024). Analisis Keberhasilan Implementasi Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Perguruan Tinggi. Journal on Education, 6(4), 18954-18964.

Wulandari, Y., Mahmuda, A. A., Astuti, M. D., Ariyanto, W. T., & Darmadi, D. (2021). Orientasi Pengembangan Dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 317-321.

Diterbitkan

2024-09-30