Analisis Kemampuan  Menyelesaikan Soal Cerita Pokok  Bahasan SPLDV Siswa Kelas VIII SMP

Penulis

  • Faradila Thalib Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara Ternate
  • Lindha Te’dang Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara Ternate

Kata Kunci:

Kemampuan, Soal cerita, SPLDV

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan tahapan-tahapan penyelesaian soal yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) memahami masalah yakni dengan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal, (2) membuat model matematika, (3) menyelesaikan model matematika yang terbentuk dengan menggunakan metode penyelesaian yang tepat, (4) membuat kesimpulan. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 siswa yang dipilih dari 33 siswa kelas VIII SMP Rama Tallung Penanian berdasarkan tingkat kemampuan tinggi (2 siswa), kemampuan sedang (2 siswa) dan kemampuan rendah (2 siswa). Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian tes kemudian dilakukan wawancara. Tes yang digunakan berbentuk uraian sebanyak tiga (3) butir soal.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1)Siswa dengan kategori kemampuan tinggi mampu menyelesaikan semua tahapan-tahapan penyelesaian dalam mengerjakan soal yang diberikan yaitu siswa mampu memahami masalah dengan baik, membuat model matematika, menyelesaikan model matematika yang terbentuk dan menyimpulkan hasil yang diperoleh dan mampu menyelesaikan semua soal yang diberikan; (2)Siswa dengan kategori kemampuan sedang mampu menyelesaikan tahapan-tahapan penyelesaian dalam mengerjakan soal yang diberikan, yaitu memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan model matematika yang terbentuk dan membuat kesimpulan tetapi hanya mampu menyelesaikan 2 dari 3 soal yang diberikan; (3)Siswa dengan kategori kemampuan rendah hanya mampu menyelesaikan tiga tahapan penyelesaian soal cerita yaitu memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan model matematika yang terbentuk dan hanya mengerjakan 2 dari 3 soal yang diberikan. Berdasarkan hasil perhitungan persentase kemampuan siswa kelas VIII SMP Rama Tallung Penanian dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV diperoleh persentase kemampuan siswa kategori tinggi 6%, kategori sedang 15% dan kategori rendah 79%.

Referensi

Agustin, R., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLTV. Seminar Nasional Matematika.

Amalia, A., Hirza, B., & Supriadi, A. (2018). Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.

Apriliani, I. (2021). Profil pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 34 bulukumba skripsi.

Ayu, N. S. (2018). analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika bentuk cerita di kelas VIII MTs Negeri Bandar TA 2017/2018 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Lembang, S. T., Palayukan, H., & Kadua, N. L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(4), 149-159.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). ‘Penelitian Pendidikan Matematika’. Bandung: PT Refika Aditama.

Nafi’an, M. I. (2011). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gender Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Palayukan, H., Rahmi, S., Murniasih, T. R., & Panglipur, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dengan Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 9(2), 204-215.

Palayukan, H. (2023). PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Aljabar, 1, 41.

Pratama, M. P., & Adam, M. W. S. (2024). E-books as self-learning resources for educational technology students. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 9-15.

Pratama, M. P., & Adam, M. W. S. (2024). E-books as self-learning resources for educational technology students. Jurnal Kependidikan Media, 13(1), 9-15.

Pratama, M. P. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegence Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 97-110.

Pratama, M. P., Ruruk, S., & Karuru, P. (2023). Validity of interactive learning media in computer basics course. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(4), 353-362.

Rahmawati, P., & Apsari, N. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia). UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Rosmawati, L. (2020). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Kelas X Ma Al-Intishor Ditinjau Dari Gaya Belajar.

Sandy, F., Liling, D., & Pratama, M. P. (2023). Impelentasi Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan Tinggi. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 111-117.

Sulestry, A. I., & Meliyana, S. M. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulukumba. Prosiding Seminar Nasional

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.

Wasiah, R., Witri, G., & Antosa, Z. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 9 Bukit Batu Riau. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Diterbitkan

2024-10-31