Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap 6 Saluputti
Kata Kunci:
Efektivitas, Pembelajaran Daring, Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Satap 6 Saluputti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Satap 6 Saluputti. Sampel penelitian yakni siswa kelas VIII SMP Negeri Satap 6 Saluputti yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan format dokumentasi yang berisi daftar nilai tugas-tugas siswa kelas VIII dan kuesioner pembelajaran daring. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Berdasarkan hasil dokumentasi daftar nilai tugas-tugas siswa, nilai rata-rata setiap tugas masih berada di bawah KKM. (2) Berdasarkan hasil skor angket, diketahui bahwa keefektifan pembelajaran daring dikategorikan kurang efektif dengan skor rata-rata 50,64.
Referensi
Afifatu, Rohmawati. 2015. Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol 9 Edisi1, April 2015, hlm 17.
Bungin, Bahar. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Prenada Media.
Emerson. H. 1994. Pengertian Efektifitas. Jurnal Vol. 1 No.2, hal.16-19. (https://eprints.uny.ac.id, diakses pada 24 April 2021)
Firman, F. & Rahayu, S. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 2(2):81-89.
Gikas, J. & Grant, M.M. 2013. Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. Vol. 19 Pages 18-26.
Hamzah, Ali. & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hikmat., Hermawan, Endang., Aldim. & Irwandi. 2020. Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H. & Paujiah, E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature.3(1):53–65.
Langi, E. L., Tahmir, S., & Rahman, A. (2016). Efektivitas penerapan model kooperattif tipe talking stick dengan strategi mind mapping dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantepao. Jurnal Daya Matematis, 4 (1), 65-71.
Langi, E. L., Ba’ru, Y., & Paluta, E. T. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’Satap. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(4), 51-57.
Lembang, S. T., Palayukan, H., & Kadua, N. L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(4), 149-159.
Palayukan, H. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku berdasarkan kriteria Watson di kelas X SMA Katolik Rantepao. Inspiramatika, 4(1), 47-60.
Palayukan, H., Lembang, S. T., & Tondok, S. B. (2023). Analisis Kecemasan Siswa Kelas VII SMP Kristen dalam Belajar Matematika. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(4), 174-180.
Palayukan, H., Lembang, S. T., Situru, A. G., Rapa, S. D., & Heri, H. (2023). Analisis semiotik: representamen siswa dalam menyelesaikan operasi bilangan bulat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1699-1708.
Marsigit. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Matematika SMP. Yogyakarta: Universita Negeri Yogyakarta
Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646, diakses tanggal 24 April 2021)
Narimawati, Umi. 2010. Metodologi Penelitian : Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Jakarta : Genesis.
Naserly, M.K. 2020. Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran daring (online) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2):155-165.
Nursalam. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Pohan, A.E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi-Grobogan: CV Sarnu Untung.
Pangondian, R.A., Santosa, P.I. & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290-297.
Pahmi, Z., & Pratama, M. P. (2023). Utilization of Google Classroom as Online Learning Media in the Era of Revolution 4.0. JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 42-49.
Sadikin & dkk. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Jurnal: hlm 214-224).
Sinambela, N.J.M.P. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Pokok Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara.Tesis.Surabaya Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya
Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sukitman, Tri. (2018). Tafsir Tematik Tentang Motivasi Pendidikan. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar. Volume: 2 Nomor: 1 Tahun 2018.
Surat Edaran Kementrian Dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No 4 Tahun 2020.
Sugiyono. 2001. Metode Penilaian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,cv.
Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.
Tjokro, Susanto. 2009. Presentasi yang Mencekam. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Windhiya, E. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. (https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jurpis/article/download/629/720/1453, diakses pada 24 April 2021)