Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTS Swasta Nur Salam Kolipadan
Kata Kunci:
Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Missouri Mathematics ProjectAbstrak
Penelitian ini telah dilaksanakan di Mts Swasta Nur Salam Kolipadan, dengan jenis penelitian yaitu “Peneltian Tindakan Kelas”. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus pertama terdiri dari 4 pertemuan dan siklus kedua 4 kali pertemuan. Data hasil observasi, tes dan angket di analisis secara kualitatif dan kuantitatif yang diperkuat dengan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah di berikan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mthematics Project (MMP), kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII Mts Swasta Nur Salam Kolipadan mengalami peningkatan dari siklusi I dan ke siklus II. Hal ini tunjukan dari nilai rata-rata pada siklus I yaitu 69,06 dari skor ideal 100 dan ketuntasan 70,59% dari skor ideal 100 dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 82,53 dari skor ideal 100 dengan ketuntasan kemampuan berpikir kritis siswa 88,23%. Standar deviasi pada akhir siklus I 10,449 dan standar deviasi pada akhir siklus II 7,658. Berdasarkan kategori penilaian yang digunakan peroleh skor kemampuan berikir kritis pada siklus I terdapat 12 orang siswa dan menjadi 15 orang siswa pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mthematics Project dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear dua variabel.
Referensi
Ayu, H., Budiyono, B., & Fitriana, L. (n.d.). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Kartu Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii SMP Negeri 24 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Solusi, 2(5), 363–370.
Aziz, A. F., Kusumaningsih, W., & Rahmawati, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 127–132.
Ernida, R., Hamid, A., & Nurdiniah, S. H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Promblem Solving dengan Multi presentasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 119–130.
Fatmawati, H., Mardiyana, M., & Triyanto, T. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Polya pada pokok bahasan persamaan kuadrat (penelitian pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen tahun pelajaran 2013/2014). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(9).
Hartono, H., Huda, N. N., & Prihatin, I. (2020). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Poject Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 25–32.
Hidayah, A., & Aulia, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Latifah, D., & Madio, S. S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 159–168.
Langi, E. L., Ba’ru, Y., & Paluta, E. T. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’Satap. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(4), 51-57.
Lubis, F. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa di SMPN 3 Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 16–24
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Nasution, I. S., & Panggabean, S. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Hasil Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 4 Medan. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 42–55.
Prayogi, Saiful. 2013. Implementasi Model Pembelajaran 5E Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuann Berpikir Kritis siswa. Jurnal Lensa Kependidikan Fisika. 1 (1), 41
Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290-297.
Pahmi, Z., & Pratama, M. P. (2023). Utilization of Google Classroom as Online Learning Media in the Era of Revolution 4.0. JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 42-49.
Purwanti, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP). Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 253–266.
Rosyid, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri. 3(1).
Salsabila, E., & Santi, V. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 74–79.
Tinda, E. M., Wahyuni, R., & Mandasari, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Journal of Mathematics Science and Education, 2(1), 36–45.
Trianto. 2012. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori & Praktik, Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Wahyuni, R., & Efuansyah, E. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 24–36.
Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.
Widiawati, C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X Mia 2 SMA Negeri 7 Denpasar. 7(Vol. 7 No. 1 November 2018).