Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Kristen Sa’dan
Kata Kunci:
Penerapan; Pembelajaran Think Pair Share; keaktifan belajar siswaAbstrak
Pembelajaran Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang menerapkan metode berpikir, berpasangan dan berbagi yang dirancang untuk mempengaruhi pola kreatif siswa untuk berpikir dan merespon serta saling membantu antara satu dengan yang lain. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui: keaktifan belajar matematika siswa SMP Kristen sa’dan dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Kristen Sa’dan yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIIB sebagai sampel dengan jumlah siswa 16 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu: lembar observasi keaktifan belajar siswa, Pengamatan digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar matematika siswa dalam pembelajaran dengan model Think Pair Share. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatakan keaktifan belajar siswa secara umum, pertemuan pertama dengan rata-rata persentase 39.84%, pertemuan kedua dengan dengan rata-rata persentase 59,11%, pertemuan ketiga dengan rata-rata persentase 70,05%, pertemuan keempat dengan rata-rata persentase 85,15%.
Referensi
Anggraeni, P.A, 2017.Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Metode Pembelajaran Game Edukatif Ipa Untuk Siswa Kelas Viii B Smp Negeri Minggir (http://journal.studentUny.Ac.Id/ojs/indekx.php/ipa/articl e/ download/6952 /6690. Diakses tanggal 31 Maret 2019).
Endrayani : 2015. Peningkatan keaktifan belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share siswa kelas x SMK Muhammadyah 2 surakrta tahun ajaran 2015/2016.
Isrok’atun, & Rosmala, A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Palayukan, H., & Ledon, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Untuk Siswa Sma. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2, 175-184.
Palayukan, H. 2020. Efektivitas Pendekatan Think Pair Share (Tps) Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat SiswaKelas VII SMP Negeri 2 Kapalapitu. Zigma Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 36-50
Putri, A.E. 2017. Meningkatkan keaktifan siswa melalui metode eksperimen pada muatan pelajaran IPA dikelas IV SD Negeri 47/IV kota jambi.(http://repository. Unj.ac.id/2276/1/A1D113047–ARTIKEL.pdf diakses tanggal 29 maret 2019).
Rosadi A, Triyanto, & Aryuna R, D 2017. penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII a smp negeri 17 surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 1(1):151.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Untoro, J.M, 2018. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III Sd terbansari 1 pada pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL).(https://repository.usd.ac.id/20781/2/141134099_ full .pdf /diakses 2 april 2019).
Wena, M. 2012. Stategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta timur: PT Bumi Aksara.
Wibowo, N. 2016 Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education. 1(2): 130.