Efektivitas Penerapan Strategi Informationsearch (IS) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTS Daarul Qur’an Pajalele

Penulis

  • Marhana Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP YPUP Makassar, Indonesia
  • Nurfaida Tasni Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP YPUP Makassar, Indonesia
  • Evy Lalan Langi

Kata Kunci:

pembelajaran matematika, hasil belajar, strategi, Information Search

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengukur efektivitas strategi Information Search dalam pembelajaran matematika siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Daarul Qur’an Pajalele dengan sampel 29 orang. Dari analisis statistik deskriptif menunjukkan hasil belajar siswa pada pretest berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 36,793 dari skor ideal 100 dengan standard deviasi 10,296 dan hasil belajar siswa pada posttest berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 84,965 dari skor ideal 100 dengan standard deviasi 7,623. Hasil analisis memberikan gambaran bahwa hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai pretest ke posttest dengan nilai gain 0,761. Sementara itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran sangat aktif, keterlaksanaan pembelajaran sangat terlaksana, dan respon siswa terhadap proses pembelajaran positif. Hasil analisis statistik inferensial dengan uji t menunjukkan: (1)  maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan strategi Information Search lebih besar dari KKM, (2)  maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya rata-rata peningkatan hasil belajar matematika siswa dari nilai pretest ke posttest berada pada kategori tinggi.Dapat disimpulkan bahwa strategi Information Search efektif dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII MTs Daarul Qur’an Pajalele.

Referensi

Arik, T.C. 2018. Efektivitas Strategi Pembelajaran Snow Balling terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 16 Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika. STKIP-YPUP: Makassar.

Araw, K. 2011. Penggunaan Pelatihan Asertif dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Agung Kab. Tanggamus Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Baharuddin, I. 2014. “Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan”. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2): 90-97.

Daryanto. 2016. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.

Dewi, dkk. 2019. “Implementasi Strategi Information Search dengan Memaksimalkan Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Pai Kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019”. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(2): 172-180.

Gunawan, M.A. 2013. Statistik untuk Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: Parama Publishing.

Hidayat, Isnu. 2019. Strategi Pembelajaran Popular. Yogyakarta: Diva Press.

Imrana. 2018. Efektivitas Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap 14 Bulukumba. Skripsi. Tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika. STKIP-YPUP: Makassar.

Jeranah. 2017. “Efektivitas Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa”.Simposium Nasional MIPA Universitas Negeri Makassar.

Lestari, K.E dan Mokhammad R.Y. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Maure, Y.L.et al. 2020. “Analisis Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMA Pada Materi Program Linear”. ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1): 47-56.

Murni, Atma.et al. 2010. “Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Group To Group Exchange (GGE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPS 1 MAN 2 Model Pekanbaru”. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2): 1-10.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Priansa, D. J. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Purbowo, G.A.et al. 2012. “Keefektivan pembelajaran snowball throwing berbantuan lembar kegiatan siswa”. UJME 1(1).hal. 20-25.

Purwanti, N. 2019. “Penerapan Metode Pembelajaran Pencarian Informasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan kelas IX A SMPN 3 Kediri”. PINUS: JURNAL Penelitian Inovasi Pembelajaran,5(1): 14-20.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayu, Nina T. et al. 2016. “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe InformationSearchterhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Batang Kapas Tahun Pelajaran 2016/2017”. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI: Sumatera Barat.

Rahmawati, F. 2014. “Pengaruh Strategi Information Search (IS) dan Learning Start With A Duestion (LSQ) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 26 Bandar Lampung”.Lentera STKIP-PGRI Bandar Lampung, 2(1): 140-145.

Rohmawati, A. 2015. “Efektivitas Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1): 15-20.

Royani, M dan Bukhari M. 2014. “Keterampilan Bertanya Siswa melalaui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz pada Materi Segi Empat”. Banjarmasin: EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 22-25.

Seran, E.Y. 2018. “Efektivitas Penggunaan Strategi Information Search dalam Mata Pelajaran IPS Kelas Rendah Sekolah Dasar Negeri 4 Mensiku Sintang Kalimantan Barat”.Dunia anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 1-7

Sunhaji. 2014. “Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran”. Jurnal Kependidikan, 2(2): 30-34.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suyono dan Hariyanto. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tiro, M.A. 2015. Dasar-dasar Statistik (Edisi Keempat). Makassar: Andira Publisher.

Triannur, Syaidil A.et al. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Berbasis Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi FKIP Unsiyah, 1(1): 165-177.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Wahab, R. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Wahyudi dan Inawati Budiono. 2009. Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-09