Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Selaman Laba' Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • M. Qoyum Zuhriawan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Sonny Yalti Duma Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Selvy Rajuati Tandiseru Universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Penerapan Metode Drill, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Metode drill adalah metode dalam pengajaran matematika dalam melatih peserta didik terhadap bahan yang sudah diajarakan agar memiliki ketangkasan/keterampilan dari apa yang telah dipelajari atau metode drill adalah strategi pembelajaran yang mengutamakan pelatihan soal kepada siswa yang dilakukan secara berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode drill dalam pembelajan matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sa’dan. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu metode drill sebagai variabel bebas dan pembelajaran matematika sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sa’dan dengan jumlah 22 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes yang terdiri dari tes awal (Pre-Test) dan tes akhir (Post-Test). Instrument yang digunakan yaitu tes uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Pengelolaan data hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif untuk menggambarkan karakter sampel. Hasil analisis data penelitian yang diperoleh yaitu: (1) penerapan metode drill hasil belajar siswa sudah tercapai, dimana skor rata-rata pada pre-test 16,39 (sangat rendah) dan pada tes akhir post-test berubah menjadi 85 (sangat tinggi); (2) kempuan guru dalam mengelolah pembelajaran dengan menerapkan metode drill pada materi lingkaran dapat dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 4,9 sehingga penelitian kemampuan guru dalam menerapkan metode drill dalam pembelajran matematika siswa VIIIA SMP Negeri 2 Sa,dan dikatakan berhasil; (3) aktivitas siswa siswa pada penerapan metode drill dalam proses pembelajaran dapat dikatakan aktif dengan rata-rata 83,70% , dengan pertemuan pertama 75,55% (aktif), pertemuan kedua 82,22% (aktif) dan pertemuan ketiga 93,33% (sangat aktif).

References

Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam. Ciputat Pers.

Ahmadi, A., & Widodo, S. (1991). Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta). Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.Arikunto, S. 2010 Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryanto, D., Santosa, T., Langi, E., Palayukan, H., & Agustina, I. (2023). Meta Analysis Study: The Effect of Mind Mapping on Students’ Multiple Intelligence. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1598-1608.

Gasong. D., (2008). Belajar dan Pembelajaran Rantepao. Toraja Utara. Sulawesi Selatan: PT Sulo.

Hudoyono. (2014). Mengajar Belajar Matematika. Malang. IKIP Malang

Langi, E. L., Tahmir, S., & Rahman, A. (2016). Efektivitas penerapan model kooperattif tipe talking stick dengan strategi mind mapping dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Rantepao. Jurnal Daya Matematis, 4 (1), 65-71.

Langi, E. L., Ba’ru, Y., & Paluta, E. T. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Buntao’Satap. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(4), 51-57.

Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi Belajar-Mengajar. Syiah Kuala University Press.

Palayukan, H. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku berdasarkan kriteria Watson di kelas X SMA Katolik Rantepao. Inspiramatika, 4(1), 47-60.

Palayukan, H., & Ledon, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Untuk Siswa Sma. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2, 175-184.

Palayukan, H., Langi, E. L., Palengka, I., & Hima, L. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Kubus dan Balok. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 879-884.

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Tulak, T. (2023). Mengembangkan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva Untuk Pendidikan Di SMP. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(2), 290-297.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352

Pasambo. (2018). penerapan metode drill dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Kesu’. Toraja Utara

Pahmi, Z., & Pratama, M. P. (2023). Utilization of Google Classroom as Online Learning Media in the Era of Revolution 4.0. JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATIONAL REVIEW, 1(1), 42-49.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: CV.

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses. Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Tumba, M., & Pratama, M. P. (2024). PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KINERJA SISWA SMP. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, 3(1), 18-25.

Downloads

Published

2024-11-28