Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Materi Trigonometri Siswa Kelas X SMA Katolik Rantepao

Authors

  • Lorence Rombe Allo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesiaia
  • Inelsi Palegka universitas Kristen Indonesia Toraja

Keywords:

Disposisi Matematis; Pemahaman Konsep; Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh disposisi matematis terhadap pemahaman konsep materi trigonometri kelas X SMA Katolik Rantepao. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas X SMA Katolik Rantepao dan sampelnya sebanyak 37 yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrument dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep materi trigonometri sebanyak 10 butir soal dan skala disposisi matematis dengan menggunakan skala likert yang terdiri dari 21 skala pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif yang mendeskripsikan dan analisis statistic Inferensial untuk menguji hipotesis dan digunakan untuk penarikan kesimpulan. Teknik analisis data dan uji prasyarat menggunakan bantuan program IBM SPSS window 26. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, terdapat pengaruh signifikan disposisi matematis terhadap pemahaman konsep materi tirgonometri kelas X SMA Katolik Rantepao. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis thitung = 3,381 dan ttable pada taraf kesalahan 0,05 dengan jumlah sampel 57 dan derajat kebenaran (dk) = N – 1 = 36 dan ttable = 2,028, sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttable atau taraf signifikansi 0,002 < 0,05.

Published

2024-01-09