Efektivitas Pendekatan Think Pair Share (Tps) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Pelita Harapan

Authors

  • Beatric Videlia Remme Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja Indonesia
  • Marylin Lasarus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia
  • Enjeli Yohanes Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia

Keywords:

Think Pair Share; aktivitas siswa; hasil belajar

Abstract

Pendekatan Think Pair Share (TPS) adalah salah satu model pembelajaran koperatif yang sederhana yang meberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja secara mandiri serta bekerja sama dengan orang lain atau think pair share memiliki prosedur yang secara eksplisif dapat memberi siswa waktu lebih banyak untuk berfikir menjawab satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) aktivitas siswa dalam pendekatan think pair share. (2) hasil belajar siswa setelah diajar dengan pendekatan think pair share.  Populasi dalam penilitian ini adalah semua kelas VII SMP Pelita Harapan yang terdaftar dan aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar pada tahun 2022-2023 dan teknik penyampelan dalam penelitian ini adalah teknik sampel random sehingga semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 27 siswa.  Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ; (1) lembar observasi aktivitas siswa, digunakan untuk mengetahui aktivitas atau kegiatan siswa selama pembelajaran ; (2) tes hasil belajar, digunakan untuk mengetahui nilai yang diperoleh siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) aktivitas selama pendekatan think pair share masuk dalam kategori baik dengan persentase indeks sebesar 68%; (2) hasil belajar sebelum pendekatan think pair share masuk dalam kategori tidak tuntas dengan perolehan nilai rata-rata 20,26 dan setelah diajar dengan pendekatan think pair share nilai rata-rata siswa 73,63 masuk dalam kategori tuntas dengan persentase ketuntasan 85,19%.

References

Cipta, R. (2014). Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta Andartari, Susanti, Santi., & Andriani, Vidia. 2013. Pengaruh kemampuan intelektual (IQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aku. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Langi, E. L. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 3 Kesu’Pada Materi Opereasi Perkalian Dan Pembagian Melalui Implementasi Metode Gasing. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 589-598.

Muhlisrarini, A. H. (2014). Perencanaan dan strategi pembelajaran matematika. Rajagrafindo Persada Jakarta.

Ujang, A., Jahi, J. M., Arifin, K., & Aiyub, K. (2014). Kesedaran generasi muda terhadap patriotisme dan perpaduan nasional di Malaysia. International Journal of the Malay World and Civilisation, 2(2), 31-39.

Sanjaya, M. R. (2007). Health cost in Indonesia: evidences from IFLS and Susenas data.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Abdullah, S. R. (2013). Learning Innovation. Earth Literature. Jakarta: Bumi Aksara:

Hakim, T. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakara : Puspa Swara.

Hudojo, H. (1998). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Deparfemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Palayukan, H. (2020). Efektivitas Pendekatan Think Pair Share (Tps) Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kapalapitu. ZIGMA Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1), 36-50.

Palengka, I. (2014). Efektivitas pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP kristen kandora. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 575-582.

Suherman, E. (1986). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta Dirjen Dikdasmen Depdikbud.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabet

Published

2024-01-09