Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa melalui Model Collaborative pada Materi SPLDV

Authors

  • Sappe Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP YPUP Makassar, Indonesia
  • Ramlan M Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP YPUP Makassar, Indonesia
  • Yusem Baru
  • nurfaidatasni Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP YPUP Makassar, Indonesia

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Model Collaborative, Hasil Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan Model Collaborative. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sumarorong yang berjumlahkan 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematika, lembar observasi aktivitas siswa, lembar aktivitas observasi guru, dan respon siswa pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitalif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan Model Collaborative pada siswa terjadi peningkatan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi SPLDV. Data pada siklus I diperoleh 57,07 dari skor ideal 100 dengan ketuntasan kemampuan berpikir kritis matematika siswa 38,46% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,07 dari skor ideal 100 dengan ketuntasan kemampuan berpikir kritis matematika siswa 92,30% . Berdasarkan kategori penilaian yang digunakan diproleh skor kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang dikategorikan tuntas pada siklus I ada 5 siswa menjadi 12 siswa pada siklus II. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa Model Collaborative dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sumarorong.

References

Abdullah, In Hi. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 2, Hlm 66 -75 No. 1.

As’ari, Abdur Rahman Dkk. (2017). Buku GuruMatematika. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Arikunto, Suharsimi.Dkk. (2019).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Askara

Barkley, E.D. (2012). Collaborative Learning Techniques: Teknik-teknik Pembelajaran kolaboratif. Bandung: Nusa Media.

Damayanti, N. D. (2017).Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Collaborative Learning Model. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajaran, Vol. 11, Hlm 33-42 No. 1

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Feldman, D. A. (2020). Berpikir Kritis Stratengi untuk Pengambilang Keputusan.

Jakarta Barat: PT Indeks.

Istianah, Euis. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreaktif Matematika dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2, Hlm 43-54 No. 1

Islamy, L.O. (2018). Collaborative Governance Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepubliser.

Juliah, Evi. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Pada Siswa Kelas XI IPS3 SMA Negeri 16 Makassar.Skripsi pada STKIP YPUP. Tidak dipublikasikan

Karimah, I. (2019). Peranan Metode Collaborative Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, Vol. 4, Hlm 155-162 No. 2.

Kartikasari, Desta. (2018). Penerapan Discovery Learning Model dengan Pendekan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Kalor dan Perpindahan Kalor.Jurnal Kumparan Fisika, Vol. 1, Hlm 1-7 No. 2.

Lestari, Karunia Eka. (2014). Implementasi Brain Based LearningUntuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Unsika, Vol. 2, Hlm 36-46 No. 1.

Mu`alimin dan Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik.Pasuruan: Ganding Pustaka

Nuraini, Dkk. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia kelas X SMA Negeri Pontianak. Ar-Razi jurnal Ilmiah, Vol. 6, Hlm 30-39 No. 1.

Rahmawati, Nita Dewi. (2014). Pembelajaran Matematika dengan Strategi Heuristik Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa Kelas VIII C SMPN 6 Yogyakarta. Skripsi Pada Universitas Yogyakarta.

Surya, M. (2016). Strategi Kognitif dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Zitari, A. (2019). Peranan Model Pembelajaran Collaborative Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 8, Hlm 128-132 No.

Published

2024-01-09