Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa Pada Topik Dimensi Tiga Kelas X

Authors

  • Syaiful Hamzah Nasution Universitas Negeri Malang Author
  • Lathiful Anwar Universitas Negeri Malang Author
  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Malang Author
  • Susiswo Susiswo Universitas Negeri Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v4i2.66

Keywords:

pengembangan media, kemampuan spatial, dimensi tiga

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan fokus penelitian pada topik dimensi tiga kelas X. Secara keseluruhan fase pengembangan meliputi empat fase yakni: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, dan (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli matematika, ahli pendidikan matematika, ahli media, dua praktisi (Guru SMA) dan siswa kelas X. Berdasarkan hasil validasi yang meliputi aspek konten media pembelajaran, aspek presentasi dan organisasi konten media, dan aspek pembelajaran disimpulkan bahwa media yang dikembangkan adalah valid dengan skor kevalidan 3,53. Berdasarkan hasil validasi uji kepraktisan didapatkan skor kepraktisan sebesar 3,42. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa media yang dikembangkan praktis untuk diterapkan dan digunakan dalam pembelajaran. Hasil evaluasi subjek uji coba memenuhi standar ketuntasan minimum yakni 88,3%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media efektif membantu siswa dalam belajar materi jarak titik ke titik, titik ke garis, dan titik ke bidang. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan untuk mendukung kemampuan spasial siswa telah valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika pada materi jarak titik ke titik, titik ke garis, dan titik ke bidang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-05

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa Pada Topik Dimensi Tiga Kelas X”, Jurnal KIP, vol. 4, no. 2, pp. 903–913, Dec. 2017, doi: 10.47178/jkip.v4i2.66.