Meningkatkan Motivasi Belajar Siwa Menggunakan Model Market Place Activity Pada pembelajaran Tema 6 Cita-Citaku Kelas IV SDN 6 Sesean Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • Adinda Situru' Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v5i1.1177

Keywords:

market place activity, motivasi belajar siswa

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan penelitian tindakan
kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Market place activity dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa. Rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan
kurangnya semangat siswa dalam proses pembelajaran serta hanya menggunakan metode
cerama. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mennunakan
model Market place activity. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
meningkatkan motivasi belajar Tema 6 Cita-citaku melalui model pembelajaran Market
place activity pada siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa melalui
penerapan model Market place activity motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 6 Sesean
Kabupeten Toraja Utara meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
Market place activity dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 6 Sesean
dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan.
Nilai presentasi klasikal angket motivasi siswa pada siklus I berada pada angka 30,76% dan
pada siklus II mencapai angka 61,53%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Meningkatkan Motivasi Belajar Siwa Menggunakan Model Market Place Activity Pada pembelajaran Tema 6 Cita-Citaku Kelas IV SDN 6 Sesean Kabupaten Toraja Utara”, Jurnal KIP, vol. 5, no. 1, pp. 75–89, Apr. 2021, doi: 10.47178/jkip.v5i1.1177.

Similar Articles

131-140 of 140

You may also start an advanced similarity search for this article.