Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keahlian Komunikasi Bagi Guru

Sebuah Studi pada Guru SMP Sekecamatan Rembon dalam Proses Belajar Mengajar

Authors

  • Aris Kaban Sendana Universitas Kristen Indonesia Toraja Author
  • Matius Tandikombong Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v8i2.791

Keywords:

Keahllian Komunikasi, guru SMP sekecamatan Rembon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi keahlian komunikasi guru dalam proses belajar mengajar dan dalam berinteraksi dengan siswa Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat sebagai masukan bagi guru-guru sehingga bisa menciptakan komunikasi yang baik dengan para siswa dan siswi khususnya dalam proses belajar-mengajar dan dalam berinteraksi dengan siswa-siswi pada tingkat SMP sekecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk menemukan faktor-faktor yang mempeengaruhi keahlian komunikasi guru di SMP sekecamatan Rembon, Kabupaten Tana Toraja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keahlian komunikasi guru di SMP sekecamatan Rembon, Tana Toraja adalah: 1) kurangnya wawasan guru tentang kompetensi diri, kompetensi social dan wawasan pedagogic, 2) kurangnya keyakinan dan kesadaran akan profesi yang digelutinya, 3) banyaknya rutinitas diluar sekolah yang menyita waktu guru, 4) minimnya program-program pengembangan wawasan dan keterampilan yang diikuti oleh guru, 5) penerapan tata tertib dan peraturan yang kurang tegas di sekolah. Diasamping faktor-faktor yang sifatnya menghambat di atas, ada juga faktor-faktor yang mendukung yaitu: 1) sifat guru yang terbuka untuk meperoleh pengetahuan dan pelatihan, 2) kemauan guru untuk mengenali, mempelajari gaya belajar siswa serta karakter siswa, 3) kedisiplinan, kesadaran dan keyakinan guru terhadap tugas dan profesinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keahlian Komunikasi Bagi Guru: Sebuah Studi pada Guru SMP Sekecamatan Rembon dalam Proses Belajar Mengajar”, Jurnal KIP, vol. 8, no. 2, pp. 9–19, Nov. 2019, doi: 10.47178/jkip.v8i2.791.

Similar Articles

71-80 of 88

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)