Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Kurikulum 2013

Authors

  • Topanus Tulak Universitas Kristen Indonesia Toraja Author

DOI:

https://doi.org/10.47178/jkip.v9i3.1144

Keywords:

Peran guru, nilai-nilai karakter, kurikulum 2013

Abstract

Guru adalah seorang panutan yang mampu menjalankan tugasnya secara profesional dengan selalu berpegang teguh pada etika profesi, independen, produktif, efektif, efisien, dan inovatif. Seorang guru memegang peran yang sangat penting dalam pendidikan karakter karena pada dasarnya seorang guru merupakan aktor utama dalam tercapainya proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa pada pembelajaran kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu sebagai keteladanan, inspirator, motivator, dinamisator dan evaluator.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Kurikulum 2013”, Jurnal KIP, vol. 9, no. 3, pp. 17–23, Mar. 2021, doi: 10.47178/jkip.v9i3.1144.

Similar Articles

11-20 of 88

You may also start an advanced similarity search for this article.