Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Apple di Story-i Pekanbaru

Authors

  • Yopi Indra Pratama Story-i Pekanbaru
  • Julina Julina Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Yosep Adi Saputra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.47178/ew8xa466

Keywords:

Apple, Keputusan Pembeian, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Story-i

Abstract

Apple adalah salah satu perusahaan yang bergerak di industry elektronik yang berhasil meningkatkan pendapatan dan penjualan hampir setiap tahun sejak 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk-produk Apple pada Story-i di Kota Pekanbaru. Dua faktor yang diteliti adalah kualitas produk dan persepsi harga. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sebanyak 100 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. sebelum dianalisis menggunakan regresi linier berganda, data terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan semua item pernyataan pada kuesioner lolos uji validitas dan reliabitas sehingga dapat dilakukan analisis selanjutnya. Hasil pengujian secara parsial menemukan bahwa kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signfikan. Secara simultan, kedua variabel yang diteliti juga menunjukkan pengaruh yang signifikan. Selanjutnya ditemukan bahwa variabel kualitas produk dan persepsi harga mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 64,6% sedangkan sisanya 35,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adaming, S. (2019). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada produk ponsel Iphone (Studi pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Kotler, P., Keller, K.L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management, 16th ed, United Kingdom, Pearson Education Limited.

Mothersbaugh, D.L., Hawkins, D.I., & Kleiser, S.B. (2020). Consumer Behavior: Building Marketing Strtegy, New York, McGraw-Hill.

Nurdiansyah, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Merek Adidas di Bandar Lampung”. Skripsi Tidak di Publikasikan

Prawira, B., & Yasa, N. N. K. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(12), 253856.

Radete, B.P. (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo. Skripsi Universitas Muhamadiyah Surakarta, Tidak di Publikasikan

Revita, M.L.D.E., Frimayasa, A., & Kurniawan, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung, Managerial – Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 1 (1), 161-170

Rizqi, A.R. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian iPhone. Skripsi Universitas Muhamadiyah Surakarta, Tidak di Publikasikan

Schiffman, L.G. & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior, 12nd Edition, New York, Pearson education.

Sari, H.P., & Rahmawaty, P. (2016) Pengaruh Citra Merek, Fitur, Dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian, (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY), Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5 (3), 222-237.

Tobing, O., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Varian, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 95 - 104. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.330

Torano, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo pada Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa STIE Mah Eisa). Journal on Education, 5(4), 14038-14050. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2426

Viorentina, D., & Santoso, S. (2023). Influence of Brand Image, Product Quality, and Lifestyle on Smartphone Purchase Decision in Indonesia. Expert Journal of Marketing, 11(1).

Pundissing, R., & Pagiu, C. (2021). Analisis Rasio Untuk Menilai Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten Toraja Utara. Paulus Journal of Accounting (PJA), 2(2), 11-27.

Damayanti, T. W., & Matasik, A. L. (2021). Market competition, fairness and tax compliance: The formal sector’s perspective. Journal of international studies, 14(1).

Pagiu, C., & Pundissing, R. (2021). Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Credit Union Sauang Sibarrung Berdasarkan Rasio Likuiditas. Paulus Journal of Accounting (PJA), 2(2), 28-47.

Rumpa, L. D., Limbongan, M. E., Biringkanae, A., & Tammu, R. G. (2021, February). Binary options trading: candlestick prediction using Support Vector Machine (SVM) on M5 time period. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 1088, No. 1, p. 012107). IOP Publishing.

Thana, D. P., Pongdatu, G. A. N., Mantong, A., & Hariadi, H. (2021, March). Identifikasi Faktor–Faktor Yang Memengaruhi Keberhasilan Usaha Kopi Jantan Toraja (Studi Kasus Pada UMKM Kopi 1000 Nurhidayah). In Forum Agribisnis: Agribusiness Forum (Vol. 11, No. 1, pp. 13-25).

Palimbong, S. M., & Tangdialla, R. (2021, October). Analisis pemahaman mekanisme pajak dan moral pajak dalam mendorong kepatuhan pajak sukarela umkm. In FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (Vol. 23, No. 4, pp. 813-818).

Tangdialla, R., & Pakanna, M. T. (2021). Analisis Penetapan Harga Pokok Produksi Pada Usaha Meubel (Studi Kasus Pada UD. Karya Bilal Di Kecamatan Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara). Paulus Journal of Accounting (PJA), 2(2), 48-68.

Tangkeallo, D. I., & Tangdialla, R. (2021). Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 74-79.

Tahirs, J. P., & Kannapadang, R. S. (2018). Membangun Model Pembukuan Usaha Mikro di Kabupaten Tana Toraja (Studi Kasus Usaha Kuliner). JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 1(2), 89-96.

Pundissing, R., & Pagiu, C. (2021). Manajemen Pengendalian Inventarisasi Dalam Menunjang Aktivitas Perbekalan Pada RSUD Lakipadadatana Toraja. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 1-13.

Kannapadang, D. (2021). ANALISIS KINERJA ANGGARAN BELANJA PADA BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) KABUPATEN TANA TORAJA. Paulus Journal of Accounting (PJA), 2(2), 1-10.

Ronal, M., Marewa, J. B., & Tandirerung, W. Y. (2023). The Effect Of Macroeconomic Variables On The Combined Stock Index In The Indonesia Stock Exchange. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1543-1554.

Mengga, G. S., & Ronal, M. (2023). Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Tana Toraja Terhadap Investasi Keuangan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 2438-2449.

Wibisono, L. K. (2022). Tongkonan as A Digital Community Literature Center: Empowerment of the Youth Generation of Lembang Lempo Poton, North Toraja. Journal of Economics, Finance and Accounting Studies, 4(4), 69-73.

Matasik, A. L., To’alla, V., Mantong, A., & Tangdialla, R. (2022). Analisis dampak pandemi covid-19 terhadap usaha kerajinan tenun Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5858-5864.

Tapparan, S. R., Rambulangi, A. C., Mantong, A., & Pongtuluran, A. K. (2022). Strategi pengembangan obyek wisata Hutan Pinus To’Nakka Ulusalu Kecamatan Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1909-1915.

Mengga, G. S., Edy, G., & Mantong, A. (2022, October). Effect of Dividend Policy, Capital Structure and Company Size To Company Value in Pharmaceutical Companies Listed on Indonesia Stock Exchange. In Proceeding of The International Conference on Economics and Business (Vol. 1, No. 2, pp. 192-205).

Palimbong, S. M., Agnes, L., & Pali, E. (2022, October). The Influence of Hedonism Style, Spiritual Intelligence and Financial Literacy on Student Personal Finance Management (Case study on students of the Faculty of Economics, Indonesian Christian University Toraja). In Proceeding of The International Conference on Economics and Business (Vol. 1, No. 2, pp. 24-36).

Paranoan, N., Sabandar, S. Y., Paranoan, A., Pali, E., & Pasulu, I. (2022). The Effect of Fraud Prevention, Fraud Detection, Investigative Audits, and Professionalism of Auditors on Efforts to Minimize Fraud in the Financial Statements of Companies in Makassar City, Indonesia. WSEAS Transactions on Information Science and Applications, 19, 54-62.

Tahirs, J. P. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Metode Common Size Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) TBK. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 699-712.

Mere, K., Moridu, I., Tahirs, J. P., Miftahorrozi, M., & Sujai, M. (2022). Upaya Pengendalian Profit Perusahaan pada Manajemen Modal: Kajian Literature. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2924-2932.

Cakranegara, P. A., Mere, K., Larisu, Z., Tahirs, J. P., & Wibowo, T. S. (2022). Pengaruh Pemberian Motivasi Pimpinan Terhadap Kualitas Kerja Dan Kepuasan Karyawan Suatu Perusahaan: Sebuah Studi Literature. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2908-2915.

Rambulangi, A. C. (2020). Analisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Membeli Motor Merek Suzuki (Studi Kasus Pt. Sinar Galesong Mandiri Kabupaten Toraja Utara). JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 3(1), 49-55.

Batara, M., Daud, Y., & Ramba, D. (2022, October). Analysis Of Coso-Based Internal Control System Of Uncollectible Receivables (Case study PT. PLN ULP Rantepao). In Proceeding of The International Conference on Economics and Business (Vol. 1, No. 2, pp. 09-23).

Biringkanae, A., & Tammu, R. G. (2022). Revitalisasi tongkonan sebagai daya tarik wisata dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa wisata Kole Sawangan. Journal of Tourism and Economic, 5(2), 186-198.

Pundissing, R., & Pagiu, C. (2022). Effect of Working Capital Turnover on Economic Profitability at PT. Vale Indonesia, Tbk. Enrichment: Journal of Management, 12(4), 3067-3074.

Pundissing, R., & Pagiu, C. (2022). Analisis Laporan Keuangan sebagai Dasar dalam Menilai Kinerja Keuangan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 3891-3904.Pagiu, C., & Pundissing, R. (2022). Pengaruh efisiensi modal kerja terhadap rentabilitas pada perusahaan daerah air minum (PDAM) kabupaten tana toraja tahun 2016-2020. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(10), 4453-4462.

Pagiu, C., & Pundissing, R. (2022). Pengaruh tingkat suku bunga kredit terhadap permintaan kredit usaha produktif Koperasi Credit Union Sauan Sibarrung Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(5), 2411-2418.

Mengga, G. S., Batara, M., & Lambe’Toding, M. (2022). Pengaruh biaya operasional dan kurs terhadap pendapatan pada PT. Smartfren Telecom, Tbk. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(5), 2396-2402.

Pagiu, C., & Ta'dung, Y. L. (2022). The Effect of Price and Service Quality on Consumer Satisfaction on Harapan Jaya Automotive and Car Wash District Tana Toraja. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1).

Tangdialla, R., Wibisono, L. K., & Panggalo, I. S. (2022). Strategic Design of Indigenous Community Economic Development in North Toraja Regency in Accelerating National Development. INFLUENCE: INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENCE REVIEW, 4(2), 203-211.

Gusmawati Tammu, R., & Palimbong, S. M. (2022). Pengaruh electronic word of mouth, gaya hidup dan kepercayaan terhadap keputusan pembeli online melalui shopee. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(1).

Kurniasari, L., & Pompeng, O. D. Y. (2022). Economic Development of Indigenous Communities In North Toraja Regency To Face The Digital Marketing Era, Through The Use of Fintech-Based Epayments And Payments. Devotion: Journal of Research and Community Service, 3(12), 2040-2051.

Pompeng, O. D. Y., & Rambak, J. E. (2022, October). Cash Flow Ratio Analysis as a Measuring Tool for The Company's Financial Performance at PT. Astra International Tbk. In Proceeding of The International Conference on Economics and Business (Vol. 1, No. 2, pp. 01-08).

Palimbong, S. M., Pompeng, O. D. Y., & Widia, W. (2022). Pengaruh penerapan surat pemberitahuan elektronik (e-spt) masa pajak pertambahan nilai (ppn) terhadap kepatuhan wajib pajak. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 19(2), 475-481.

Pasoloran, O., & Wibisono, L. K. (2022). Empatic Budgeting Model: Study of Regional Budgeting In Tana Toraja Regency. Devotion: Journal of Research and Community Service, 3(13), 2278-2288.

Marthinus, V., Pata'dungan, A. M., Haryati, B. Z., Tandirerung, W. Y., & Marewa, J. B. (2022). Implementasi Tugas Proyek Dalam Upaya Pembentukan Keterampilan Kerja Mahasiswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 7(1), 24-30.

Tangkeallo, D. I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Malea Energy Di Makale Selatan Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(5), 2427-2433.

Tadung, Y. L., & Kannapadang, D. (2022). Financial Performance Analysis at KSP Balo'Toraja Batutumonga Branch. Enrichment: Journal of Management, 12(4), 3281-3288.

Kannapadang, D., & Ta’dung, Y. L. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Laba Pada PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(5), 2376-2382.

Downloads

Published

2024-03-19

How to Cite

Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Apple di Story-i Pekanbaru. (2024). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 4(1), 123-134. https://doi.org/10.47178/ew8xa466