PENGARUH KUALITAS DAN HARGA TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK OLAHAN PADA KATAMBI FARM KELURAHAN BOTANG KECAMATAN MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA
DOI:
https://doi.org/10.47178/p4mt1616Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Tingkat PenjualanAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Kualitas dan Harga baik secara parsial, maupun simultan terhadap tingkat Penjualan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, koefisien determinasi (R2). Data diolah dengan menggunakan software SPSS versi 2024. Hasil menunjukkan bahwa 1) secara parsial (uji t) ternyata hasil penelitian membuktikan bahwa dari kedua variabel yang mempunyai pengaruh signifikan yaitu Kualitas sebesar (2,173>2,011) dan harga sebesar (2,147>2,011). Secara simultan variabel kualitas produk dan harga memiliki pengaruh signifikan sebesar f hitung lebih besar dari f tabel (6,628>3,19) terhadap tingkat penjualan. Koefisien determinasi (R Square) variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 0,220 yang berarti bahwa variabel independen yaitu Kualitas Produk dan Harga mampu menjelaskan variabel dependennya yaitu tingkat penjualan 22,0% sedangkan sisanya 78,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Downloads
References
Agustina, A. (n.d.). Analisis Faktor Kualitas Produk dan Harga guna Meningkatkan Volume Penjualan pada Usaha Genteng UD Super Blitar. Jurusan Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma negara.
Anugrah Janwar, T. S. M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Thecsecret Factory Outlet. Pariwisata, III(1), 60–72.
Arumsari. D. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua. Skripsi. Jawa Tengah. Universitas Diponegoro.
Batubara, Azmiani & Negara, Riqki Padma. (2016). Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket Pada Psa Mihin Lanka Airlines.Ilman, 4(1), 14. Google Scolar.
Ismayanti, D. (2016) . Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Industri Kerupuk Singkong Di Desa Bamban Kecamatan Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 2 (1): 56-64
Khamid. M. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Batik Riziq Pekalongan Di Batam. Skripsi. Batam. Universitas Riau Kepulauan.
Kotler dan Keller (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kusmayati, N. K., & Adiyanto, M. R. (2005). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan (Studi Pada Penjual Martabak "Bintang" "Sidoarjo") 35–42.
Manik, C. D. (2015). ( Studi Pada Perumahan Serpong Garden ). l Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(1).
Mokalu, F. O. dan Tumbel, A. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal EMBA. Vol. 3 No. 1 Maret 2015, Hal, 254-265.
Nurhayati, R. (2011). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Veteran, Yogyakarta Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2009 Pengguna Handphone Merek Nokia)" Jawa Tengah. Universitas Diponegoro.
Partina, R. S. B Wibowo & N.W. Sulistyowati. (2017). Pengaruh Harga dan Produk Terhadap Volume Penjualan Kabupaten Magetan Tahun 2012-2016. Jurnal Pendidikan Akuntansi V (1): 203-223.
Pristyo, M. (2013). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Eka Jaya Di Surabaya. Jurnal Kewirausahaan 1 (1): 27-37.
Puspitasari, I., & Punuindoong, H. J. S. A. Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kesesuaian Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Beras Premium Pada Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Utara Dan Gorontalo (Studi Kasus Pada Konsumen Wilayah Kota Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 59–67.
Putra, A. F. S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Bulog Terhadap Volume Penjualan Beras Pada Perum Bulog Divisi Regional Yogyakarta. Naskah Publikasi. Program Studi Pemasaran D III. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Rani, Ine Visakha, et al. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Nanisa Skincare Dan Dental Di Sidoarjo. Jurnal. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Surabaya.
Saputra , Dido. (2005). Pengaruh Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Simcard XL di Kota Padang. Padang (ID): Universitas Negeri Padang.
Sulistyorini A. (2010) . Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Volume Penjualan Terhadap Tingkat Produktivitas Pada UD. Mega Jaya Gresik. Skripsi. Jawa Timur. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran".
Tjiptono, F dan Charles, C. (2012). Pemasaran Strategi. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi
Utami M. D. (2011). Analisis Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Tiket Pada PT. Maniela Tour Dan Travel. Skripsi. Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.
Mengga, G. S., & Ronal, M. (2023). Analisis Tingkat Pemahaman Masyarakat Tana Toraja Terhadap Investasi Keuangan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 2438-2449.
Ronal, M., Marewa, J. B., & Tandirerung, W. Y. (2023). The Effect Of Macroeconomic Variables On The Combined Stock Index In The Indonesia Stock Exchange. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1543-1554.
Kannapadang, D. (2021). ANALISIS KINERJA ANGGARAN BELANJA PADA BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) KABUPATEN TANA TORAJA. Paulus Journal of Accounting (PJA), 2(2), 1-10.
Pundissing, R., & Pagiu, C. (2021). Manajemen Pengendalian Inventarisasi Dalam Menunjang Aktivitas Perbekalan Pada RSUD Lakipadadatana Toraja. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(2), 1-13.
Tahirs, J. P., & Kannapadang, R. S. (2018). Membangun Model Pembukuan Usaha Mikro di Kabupaten Tana Toraja (Studi Kasus Usaha Kuliner). JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 1(2), 89-96.
Tangkeallo, D. I., & Tangdialla, R. (2021). Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 74-79.
Tangdialla, R., & Pakanna, M. T. (2021). Analisis Penetapan Harga Pokok Produksi Pada Usaha Meubel (Studi Kasus Pada UD. Karya Bilal Di Kecamatan Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara). Paulus Journal of Accounting (PJA), 2(2), 48-68.
Palimbong, S. M., & Tangdialla, R. (2021, October). Analisis pemahaman mekanisme pajak dan moral pajak dalam mendorong kepatuhan pajak sukarela umkm. In FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (Vol. 23, No. 4, pp. 813-818).
Thana, D. P., Pongdatu, G. A. N., Mantong, A., & Hariadi, H. (2021, March). Identifikasi Faktor–Faktor Yang Memengaruhi Keberhasilan Usaha Kopi Jantan Toraja (Studi Kasus Pada UMKM Kopi 1000 Nurhidayah). In Forum Agribisnis: Agribusiness Forum (Vol. 11, No. 1, pp. 13-25).
Rumpa, L. D., Limbongan, M. E., Biringkanae, A., & Tammu, R. G. (2021, February). Binary options trading: candlestick prediction using Support Vector Machine (SVM) on M5 time period. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 1088, No. 1, p. 012107). IOP Publishing.
Pagiu, C., & Pundissing, R. (2021). Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Credit Union Sauang Sibarrung Berdasarkan Rasio Likuiditas. Paulus Journal of Accounting (PJA), 2(2), 28-47.
Damayanti, T. W., & Matasik, A. L. (2021). Market competition, fairness and tax compliance: The formal sector’s perspective. Journal of international studies, 14(1).
Pundissing, R., & Pagiu, C. (2021). Analisis Rasio Untuk Menilai Kinerja Keuangan Daerah Kabupaten Toraja Utara. Paulus Journal of Accounting (PJA), 2(2), 11-27.
Wibisono, L. K. (2022). Tongkonan as A Digital Community Literature Center: Empowerment of the Youth Generation of Lembang Lempo Poton, North Toraja. Journal of Economics, Finance and Accounting Studies, 4(4), 69-73.
Matasik, A. L., To’alla, V., Mantong, A., & Tangdialla, R. (2022). Analisis dampak pandemi covid-19 terhadap usaha kerajinan tenun Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(12), 5858-5864.
Tapparan, S. R., Rambulangi, A. C., Mantong, A., & Pongtuluran, A. K. (2022). Strategi pengembangan obyek wisata Hutan Pinus To’Nakka Ulusalu Kecamatan Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1909-1915.
Mengga, G. S., Edy, G., & Mantong, A. (2022, October). Effect of Dividend Policy, Capital Structure and Company Size To Company Value in Pharmaceutical Companies Listed on Indonesia Stock Exchange. In Proceeding of The International Conference on Economics and Business (Vol. 1, No. 2, pp. 192-205).
Palimbong, S. M., Agnes, L., & Pali, E. (2022, October). The Influence of Hedonism Style, Spiritual Intelligence and Financial Literacy on Student Personal Finance Management (Case study on students of the Faculty of Economics, Indonesian Christian University Toraja). In Proceeding of The International Conference on Economics and Business (Vol. 1, No. 2, pp. 24-36).
Tahirs, J. P. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Metode Common Size Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) TBK. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 699-712.
Kannapadang, D., & Ta’dung, Y. L. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Laba Pada PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(5), 2376-2382.
Tadung, Y. L., & Kannapadang, D. (2022). Financial Performance Analysis at KSP Balo'Toraja Batutumonga Branch. Enrichment: Journal of Management, 12(4), 3281-3288.
Tangkeallo, D. I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Malea Energy Di Makale Selatan Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(5), 2427-2433.
Marthinus, V., Pata'dungan, A. M., Haryati, B. Z., Tandirerung, W. Y., & Marewa, J. B. (2022). Implementasi Tugas Proyek Dalam Upaya Pembentukan Keterampilan Kerja Mahasiswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 7(1), 24-30.
Pasoloran, O., & Wibisono, L. K. (2022). Empatic Budgeting Model: Study of Regional Budgeting In Tana Toraja Regency. Devotion: Journal of Research and Community Service, 3(13), 2278-2288.
Kurniasari, L., & Pompeng, O. D. Y. (2022). Economic Development of Indigenous Communities In North Toraja Regency To Face The Digital Marketing Era, Through The Use of Fintech-Based Epayments And Payments. Devotion: Journal of Research and Community Service, 3(12), 2040-2051.
Pagiu, C., & Ta'dung, Y. L. (2022). The Effect of Price and Service Quality on Consumer Satisfaction on Harapan Jaya Automotive and Car Wash District Tana Toraja. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1).
Mengga, G. S., Batara, M., & Lambe’Toding, M. (2022). Pengaruh biaya operasional dan kurs terhadap pendapatan pada PT. Smartfren Telecom, Tbk. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(5), 2396-2402.
Pagiu, C., & Pundissing, R. (2022). Pengaruh tingkat suku bunga kredit terhadap permintaan kredit usaha produktif Koperasi Credit Union Sauan Sibarrung Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(5), 2411-2418.
Pagiu, C., & Pundissing, R. (2022). Pengaruh efisiensi modal kerja terhadap rentabilitas pada perusahaan daerah air minum (PDAM) kabupaten tana toraja tahun 2016-2020. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(10), 4453-4462.
Biringkanae, A., & Tammu, R. G. (2022). Revitalisasi tongkonan sebagai daya tarik wisata dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa wisata Kole Sawangan. Journal of Tourism and Economic, 5(2), 186-198.
Batara, M., Daud, Y., & Ramba, D. (2022, October). Analysis Of Coso-Based Internal Control System Of Uncollectible Receivables (Case study PT. PLN ULP Rantepao). In Proceeding of The International Conference on Economics and Business (Vol. 1, No. 2, pp. 09-23).
Rambulangi, A. C. (2020). Analisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Membeli Motor Merek Suzuki (Studi Kasus Pt. Sinar Galesong Mandiri Kabupaten Toraja Utara). JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 3(1), 49-55.