ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN CASH GAME ONLINE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UKI TORAJA

Authors

  • Winta Panimba Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Rati Pundissing Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Westerini Lusdani Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Alvin Anugrady Marthin Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.47178/ke4z4k48

Keywords:

keputusan pembelian, Uang game online

Abstract

   Uang game online adalah mata uang virtual yang digunakan di semua game online untuk membeli barang virtual dari produsen game. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk mengkaji pembelian cash game secara online oleh   mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebesar 95 orang responden. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif, analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini keputusan pembelian game cash online tidak terpengaruh oleh budaya. Faktor psikologis memengaruhi keputusan pembelian permainan uang tunai online. Faktor sosial parsial memengaruhi keputusan pembelian permainan uang online. Faktor pribadi mempengaruhi keputusan pembelian permainan uang tunai online. Dan faktor budaya, psikologi, sosial, dan pribadi secara bersamaan mempengaruhi pembelian cash game online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adirama, A. (2012). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Satria FU di Klaten. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, Vol.1, Edisi I. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Etta, M dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarya: CV Andi Offset.

Fadhil Mochammed Rafiz. (2016). Analisi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian mobil merek Daihatsu. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol 39, No 2. October 2016, 105-111.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS Edisi Sembilan. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Ratmono, D. (2013). Analisis Multivariat dan Ekonometrika. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Center for Academic Publising Servive.

Kotler & Armstrong. (2014). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prehallindo.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Riduwan & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sangaji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Suharno & Sutarso. (2010). Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakart : CAPS.

Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Rundupadang, H., & Rambulangi, A. C. (2022). Pendampingan UMKM pembuatan Produk Banana Roll Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Toraja. EkoSainT, 8(2).

Irengsi, I., Pabisa, J. S., & Rundupadang, H. (2022). Pendampingan Destinasi Wisata Aru Jeram Sungai Mararin Lembang Untuk Dijadikan Sumber Penghasilan Bagi Masyarakat Rantedada Tana Toraja Lembang Rantedada. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(4), 285-292.

Rundupadang, H. (2022). ANALISA PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI SECARA CEPAT DAN TEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING. Jurnal Unicorn ADPERTISI, 1(2), 23-30.

Pasinggi, E. S., Siappa, M. D. P., Garonga, M., & Marchelin, M. (2022). Perancangan Sistem Informasi Paket Wisata Berbasis Web Studi Kasus Sarira Trip. INFINITY: UKI Toraja Journal of Information Technology, 2(1).

Mambaya, J., Adha, M. S., Padang, S. Y., & Marchelin, M. (2021). Evaluasi Pola Penataan Barang Di Toko Jaya dengan Algoritma FP-Growth. INFINITY: UKI Toraja Journal of Information Technology, 1(2).

Pongtuluran, A. K., Mengga, G. S., & Ronal, M. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (Spkt) Polres Tana Toraja. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 2(1), 99-116.

Ronal, M. (2022). Analisis Produktivitas pada UD. Fika Jaya Kabupaten Tana Toraja. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 2(2), 176-190.

Ronal, M. (2022). PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENULARAN COVID-19 DENGAN SOSIALISASI DAN EDUKASI PADA LEMBANG KE’PE TINORING. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 165-173.

Ta’dung, Y. L., Ronal, M., Marewa, J. B., Tandirerung, W. Y., & Pata’dungan, A. M. (2022). ARRANGEMENT OF NATURAL DESTINATIONS TO INCREASE THE NUMBER OF TOURISTS IN LEMBANG BUNTU DATU, MENGKENDEK DISTRICT, TANA TORAJA: PENATAAN DESTINASI ALAM GUNA MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI LEMBANG BUNTU DATU KECAMATAN MENGKENDEK, TANA TORAJA. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 2(3), 374-377.

Ronal, M., & Marewa, J. B. (2022). Pendampingan Usaha Produk Stick Ubi Jalar Balado Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Toraja. EkoSainT, 8(2).

Ronal, M., Batara, M., Rundupadang, H., Matasik, A. L., & Mengga, G. S. (2021). PENGEMBANGAN POTENSI KAWASAN WISATA BUNTU NAPO DI LEMBANG DENDE’KECAMATAN DENDE’PIONGAN NAPO KABUPATEN TORAJA UTARA. EkoSainT, 7(2).

Ta'dung, Y. L., & Lusdani, W. (2020). Akuntabilitas Sosial Dana Desa: Peran Partisipasi Masyarakat. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Terapan (JESIT), 1(1), 25-36.

Pagiu, C., & Ta'dung, Y. L. (2022). The Effect of Price and Service Quality on Consumer Satisfaction on Harapan Jaya Automotive and Car Wash District Tana Toraja. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1).

Tadung, Y. L., & Kannapadang, D. (2022). Financial Performance Analysis at KSP Balo'Toraja Batutumonga Branch. Enrichment: Journal of Management, 12(4), 3281-3288.

Ta'dung, Y. L., Marewa, J. B., & Pasulu, I. (2022). Analisis Harga Pokok Penjualan Produk Lampu Hias Pada Toko Sentosa Listrik di Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Terapan (JESIT), 3(1), 63-76.

Ta'dung, Y. L., Tangdialla, R., Matasik, A. L., Batara, M., & Mengga, G. S. (2021). Pendampingan Masyarakat Sadar Wisata dalam Pembukaan Parawisata Air Terjun Sarambu Patiro Uran dan Sarambu Kambutu di Lembang Rantebua Kecamatan Rantebua. Indonesian Collaboration Journal Of Community Services, 1(4), 316-319.

Ta’dung, Y. L., Pasulu, I., Kannapadang, D., & Marewa, J. B. (2022). Analisis Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Dana BOS) Pada SMA Katolik Rantepao, Toraja Utara. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 2(2), 167-175.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN CASH GAME ONLINE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UKI TORAJA. (2024). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 4(2), 281-296. https://doi.org/10.47178/ke4z4k48