ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN RAMULE CAFÉ DAN  RESTO  DI KECAMATAN   RANTEPAO KABUPATEN TORAJA  UTARA

Authors

  • Ganna' Tangkeara' Ramule Cafe dan Resto Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara

DOI:

https://doi.org/10.47178/epqast34

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Customer Satisfaction Index (CSI)

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen Ramule Cafe dan Resto di Kecamatan Rantepao kabupaten Toraja Utara berdasarkan bukti fisik, ketanggapan, keandalan, empati dan jaminan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan merupakan penelitian hasil survei. Subjek penelitian ini adalah konsumen Ramule Cafe dan Resto di Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara yang berjumlah  50 orang.  Pengumpulan data menggunakan kuesioner  dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil perhitungan metode Customer Satisfaction Index (CSI) ramule café dan resto mendapatkan skor sebesar 73,90% menunjukkan bahwa konsumen ramule kafe dan resto telah merasa puas ’’puas’’, jadi dapat dikatakan pelayanan deri ramule cage dan resto sudah bagus, akan tetapi harus lebih ditingkatkan  lagi supaya bisa mencapai kategori  sangat puas pada penelitian selanjutnya.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Naldi. H. 2019. Analisis Kepuasan Konsumen di cafe chef Bob Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Gap Analisis Skripsi.

Setyo, Purnomo Edwin, 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autworks ,Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol. 1. No. 6, hal 755-764.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D Bandung Alfebet

Elan Diwangkoro. 2016. Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Kopi Dan Kualitas Pelayanan Di Kafe Kopi Garasi Candi Winangun Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi

Lodhita, H,E. 2014. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode IPA ( Importance Performance Analisys) And CSI ( Customer Satisfaktoin Index) Case study on toko Oen, Malang Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya.Malang

Yuliantari. K. 2019. Analisis kepuasan pelanggan pada cefe kota cinema mall Bekasi. Widya Cipta: Jurnal sekretari dan Manajemen Volume 3 No. 2 september 2019 P-ISSN 2550-0805 E-ISSN 2550-0791

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia (terjemahan A.B. Susanto), Edisi 1.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran jilid 2. Edisi Ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Lodhita, H.E. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) And CSI (Customer Satisfaction Index) Case Study On Toko Oen, Malang. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Muhammad Dedy Arifin. 2020. Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan

Toko Bangunan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual), Importance Performance Analysis (Ipa) Dan Customer Satisfaction Indeks (CSI) (Studi Kasus Pada Tb Baja Mulya). Skripsi

Rustina, I. 2008. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Restoran Rice BowlBogor Serta Implikasinya Terhadap Bauran Pemasaran. Skripsi. Program Studi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Salsabila, Nur. 2016.. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Restoran First Patisserie Love di Jakarta (Skripsi). Jakarta:UIN Syarif Hidayatullah, Fakulitas Sains dan Teknologi.

Moch, Ghosali, 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ekspedisi di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volt. 3 No.3 hlm 1-5.

Sugianto, J., & Sugiharto, S. 2013. Analisa Pengaruh Service Quality, Food, Dan Price

Terhadap kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1, 1-10.

Ardina Hariasari. 2015. Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Restaurant Nikkou ramen Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Boga, Fakultas Teknik, UNY.

Danang Sunyoto. 2013. Teori, kuesioner dan Analisis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ndaru prasastono, Sri yulianto. 2012. Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chiken Semarang Candi. Semarang: Jurnal. Perhotelan , Diploma Keperiwisataan, Universitas Stikubank Semarang.

Sekaran, Uma. 2007. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, P. 160-276.

Sirait, Juni Novalina. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kupuasan Pelanggan Pada Waterpark Perum Bumi Sempaja, Jurnal administrasi Bisnis, Volume 4, Nomor 2, Hlm: 342-355.

Ta'dung, Y. L., & Kannapadang, D. (2021). Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Daerah Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Terapan (JESIT), 2(1), 22-32.

Ta'dung, Y. L., & Lusdani, W. (2020). Akuntabilitas Sosial Dana Desa: Peran Partisipasi Masyarakat. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Terapan (JESIT), 1(1), 25-36.

Pagiu, C., & Ta'dung, Y. L. (2022). The Effect of Price and Service Quality on Consumer Satisfaction on Harapan Jaya Automotive and Car Wash District Tana Toraja. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1).

Ta'dung, Y. L., Marewa, J. B., & Pasulu, I. (2022). Analisis Harga Pokok Penjualan Produk Lampu Hias Pada Toko Sentosa Listrik di Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Terapan (JESIT), 3(1), 63-76.

Marchelin, L. E., Hamidah, D., & Resti, N. C. (2022). Efektivitas metode scaffolding dalam meningkatkan computational thinking siswa SMP pada materi perbandingan. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 4(1), 16-28.

Pasinggi, E. S., Siappa, M. D. P., Garonga, M., & Marchelin, M. (2022). Perancangan Sistem Informasi Paket Wisata Berbasis Web Studi Kasus Sarira Trip. INFINITY: UKI Toraja Journal of Information Technology, 2(1).

Mambaya, J., Adha, M. S., Padang, S. Y., & Marchelin, M. (2021). Evaluasi Pola Penataan Barang Di Toko Jaya dengan Algoritma FP-Growth. INFINITY: UKI Toraja Journal of Information Technology, 1(2).

Irengsi, I., Pabisa, J. S., & Rundupadang, H. (2022). Pendampingan Destinasi Wisata Aru Jeram Sungai Mararin Lembang Untuk Dijadikan Sumber Penghasilan Bagi Masyarakat Rantedada Tana Toraja Lembang Rantedada. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(4), 285-292.

Rundupadang, H. (2022). ANALISA PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI SECARA CEPAT DAN TEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING. Jurnal Unicorn ADPERTISI, 1(2), 23-30.

Rundupadang, H., & Rambulangi, A. C. (2022). Pendampingan UMKM pembuatan Produk Banana Roll Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Toraja. EkoSainT, 8(2).

Pongtuluran, A. K., Mengga, G. S., & Ronal, M. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (Spkt) Polres Tana Toraja. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 2(1), 99-116.

Tahirs, J. P., Pongtuluran, A. K., Rambulangi, A. C., & Ronal, M. (2020). Meningkatkan Kapasitas Pelaku UKM Melalui Penguatan Manajemen di Kabupaten Tana Toraja. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 436-442.

Ronal, M. (2022). Analisis Produktivitas pada UD. Fika Jaya Kabupaten Tana Toraja. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 2(2), 176-190.

Ronal, M. (2022). PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENULARAN COVID-19 DENGAN SOSIALISASI DAN EDUKASI PADA LEMBANG KE’PE TINORING. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 165-173.

Ronal, M. R. M. (2022). Pemanfaatan Media Terpal Dalam Budidaya Ikan Lele Di Lembang Bulian Massa’bu. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 136-141.

Ta’dung, Y. L., Ronal, M., Marewa, J. B., Tandirerung, W. Y., & Pata’dungan, A. M. (2022). ARRANGEMENT OF NATURAL DESTINATIONS TO INCREASE THE NUMBER OF TOURISTS IN LEMBANG BUNTU DATU, MENGKENDEK DISTRICT, TANA TORAJA: PENATAAN DESTINASI ALAM GUNA MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI LEMBANG BUNTU DATU KECAMATAN MENGKENDEK, TANA TORAJA. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 2(3), 374-377.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN RAMULE CAFÉ DAN  RESTO  DI KECAMATAN   RANTEPAO KABUPATEN TORAJA  UTARA. (2024). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 4(2), 239-250. https://doi.org/10.47178/epqast34