STRATEGI PENJUALAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) PADA PERTAMINI YOGA DI KECAMATAN RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.47178/2yegvh38Keywords:
Strategi, Penjualan, BBM, PertaminiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Pertamini Yoga di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja utara. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Strategi Penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Pertamini Yoga di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Persoalan penelitian ini adalah bagaimana Strategi Penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada Pertamini Yoga di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu secara observasi dan wawancara. Populasi yang digunakan adalah para konsumen yang datang mengisi bahan bakar di Pertamini Yoga serta pemilik Pertamini Yoga. Strategi penjualan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdapat 4 strategi diantaranya: strategi produk, strategi harga, strategi pelayanan dan strategi tempat. Hasil penelitian menyatakan bahwa minat masyarakat terhadap pertamini Yoga dipengaruhi oleh kwalitas produk, penentuan harga, pelayanan yang baik serta kemudahan aksesnya.
Downloads
References
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.Teknik Penjualan yang efektif. Raja Presentasi : Yogyakarta. https://rajapresentasi.com/2012/03/strategi-penjualan-dan-teknik-penjualan-yang-efektif/
Amirullah. 2015. Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja. Jakarta : Mitra Wacana Media
Antariksa yodhia. 2012. Strategi Penjualan dan
Asyari, Fatimah dan Suyanto Haris. Banyaknya Penjualan BBM dengan Mengguanakan Pom Mini tanpa di Lengkapi Izin di Kecamatan Muara Wahau kabupaten Kutai Timur. 2019. Jurnal Legalitas. 4(2) :104-122
Basu Swastha. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Basu, Swastha . (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Basu, Swastha. (2001). Manajemen Penjualan, Cetakan kelima BPFE: Yogyakarta.
Basu, Swastha. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Basu, Swastha. (2010). Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM
Craig dan grant. 2016. Manajemen Pemasaran Moderen. Liberty Modern : Yogyakarta
David, Fred R. 2011. Strategic Manajemen, Buku 1. Edisi 12 Jakarta
Djakfar, Muhammad. 2012. Etika Bbisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Depok: Penebar Swadaya.
Effendi Pakpahan, (2010). Volume Penjualan. Jakarta : PT. Bina Initama Sejahtera
Ernawan, Erni R. 2009. Busines Ethics. Bandung : Alfabeta.
Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. CV. Andi Offset, Yogyakarta
Gie.2021. Marketing dan Manajemen. https://acuarate.id/Marketing-Manajemen/Strategi-Penjualan/
Hartono, Hendry, dkk. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Jurusan Manajemen. Universitas Bina Nusantara. Jakarta Barat. Jurnal (Online)
Hidayat, Wilistinigsih Sri. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Produk Pertamax Turbo di Depo Plumpang PT. Pertamina (Persero). Bina Manfaat Ilmu : Jurnal Pendidikan, 3(02) : 49-79
Johnson, G., Scholes, K., 2016., Exploring Corporate Strategy. 8 Edition. Boston: Prentice Hall.
Kotler, Amstrong, 2008, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, Jilid 2, Jakarta : PT.Indeks.
Kurniansyah, D dan Hakim, H. Lukmanul. Penerapan Peraturan BPH Migas Nomor 6 Tahun 2015 Terhadap Pelaku Usaha Pertamini/Pommini di Kabupaten Karawang Tahun 2018. Jurnal Politikom Indonesiana. 3(2) : 215 – 230
Lestari Wahyu Dwi dan Suwardi. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Pertalite PT Pertamiba (Persero) Marketing Operation Region II Sumbagsel. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.
Maddy, Khairul. 2010. Penjualan Personal (Personal selling). http://ammarawirausaha.blogspot.com/2010/10/personal-selling-penjualan-perseorangan.html. Diakses pada tanggal 1 oktober 2013.
Pertamini, Wikipedia the free Encyclopedia. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pertamini (05 November 2021).
Siagian, Sondang. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-24. Jakarta: Bumi Aksara
Simorangkir, O.P. 2003. Etika: Bisnis Jabatan, dan Perbankan. Jakarta ; Rineka Cipta
Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Stephanie & K. Marrus. 2002. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Press.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Jakarta: Andi
Widharta, Willy Pratama dan Sugiono Sugiharto. 2013. Penyusunan Strategi dan Sistem Penjualan dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2 No. 1 Hal 1-15.
Winardi. 2011.Kepemimpinan dalam Manajemen, PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Ta’dung, Y. L., Ronal, M., Marewa, J. B., Tandirerung, W. Y., & Pata’dungan, A. M. (2022). ARRANGEMENT OF NATURAL DESTINATIONS TO INCREASE THE NUMBER OF TOURISTS IN LEMBANG BUNTU DATU, MENGKENDEK DISTRICT, TANA TORAJA: PENATAAN DESTINASI ALAM GUNA MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI LEMBANG BUNTU DATU KECAMATAN MENGKENDEK, TANA TORAJA. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 2(3), 374-377.
Ronal, M., & Marewa, J. B. (2022). Pendampingan Usaha Produk Stick Ubi Jalar Balado Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Toraja. EkoSainT, 8(2).
Ronal, M., Batara, M., Rundupadang, H., Matasik, A. L., & Mengga, G. S. (2021). PENGEMBANGAN POTENSI KAWASAN WISATA BUNTU NAPO DI LEMBANG DENDE’KECAMATAN DENDE’PIONGAN NAPO KABUPATEN TORAJA UTARA. EkoSainT, 7(2).
Pongtuluran, A. K., Mengga, G. S., & Ronal, M. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (Spkt) Polres Tana Toraja. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT), 2(1), 99-116.
Tahirs, J. P., Pongtuluran, A. K., Rambulangi, A. C., & Ronal, M. (2020). Meningkatkan Kapasitas Pelaku UKM Melalui Penguatan Manajemen di Kabupaten Tana Toraja. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 436-442.
Irengsi, I., Pabisa, J. S., & Rundupadang, H. (2022). Pendampingan Destinasi Wisata Aru Jeram Sungai Mararin Lembang Untuk Dijadikan Sumber Penghasilan Bagi Masyarakat Rantedada Tana Toraja Lembang Rantedada. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(4), 285-292.
Rundupadang, H. (2022). ANALISA PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI SECARA CEPAT DAN TEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING. Jurnal Unicorn ADPERTISI, 1(2), 23-30.
Pasinggi, E. S., Siappa, M. D. P., Garonga, M., & Marchelin, M. (2022). Perancangan Sistem Informasi Paket Wisata Berbasis Web Studi Kasus Sarira Trip. INFINITY: UKI Toraja Journal of Information Technology, 2(1).
Mambaya, J., Adha, M. S., Padang, S. Y., & Marchelin, M. (2021). Evaluasi Pola Penataan Barang Di Toko Jaya dengan Algoritma FP-Growth. INFINITY: UKI Toraja Journal of Information Technology, 1(2).
Ta'dung, Y. L., & Kannapadang, D. (2021). Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Daerah Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Terapan (JESIT), 2(1), 22-32.
Pagiu, C., & Ta'dung, Y. L. (2022). The Effect of Price and Service Quality on Consumer Satisfaction on Harapan Jaya Automotive and Car Wash District Tana Toraja. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1).